10 Cara Orang Memanfaatkan Pisang Raja


Hello I am Aris  - Pisang Raja merupakan salah satu jenis pisang terenak dengan rasa manis. Selain itu pisang jenis ini juga banyak dicari orang terutama dimusim hajatan.

Pisang Raja digemari sebagai buah segar pelengkap makan dan juga bisa diolah menjadi beragam jenis olahannya yang juga nikmat. Ada beberapa jenis pisang lainnya yang mungkin rasanya lebih sesuai dengan selera anda. Akan tetapi ada beragam manfaat pisang raja yang tidak dipunyai oleh pisang jenis lainnya, sehingga pisang ini layak menyandang status rajanya pisang. Berikut ini 10 cara orang memanfaatkan Pisang Raja:

1. Pisang Raja Untuk Konsumsi

Bagi anda penyuka buah-buahan, pisang bisa jadi merupakan salah satu buah favorit anda. Sangatlah tepat mencantumkan pisang sebagai pilihan favorit karena pisang kaya nutrisi yang berguna bagi kesehatan tubuh. 

Pisang mengandung zat-zat gizi seperti kalsium, fosfor, zat besi, potassium, niasin, vitamin A dan vitamin C. Serta bagus untuk kesehatan pencernaan.

Walaupun mungkin pisang hijau (pisang ambon) dan pisang susu yang lebih sering hadir di atas meja makan anda, namun pisang raja pun enak dimakan langsung.

2. Pisang Raja Untuk Dibuat Jus

Mixed Juice. Ya namanya saja jus campur. Jadi bisa apa saja sesuai dengan selera anda. Namun kombinasi pisang raja, nanas dan pepaya cocok diminum disiang hari yang panas. Minuman sehat yang menyegarkan. 

3. Pisang Raja Untuk Digoreng

Walaupun pisang kepok lebih enak untuk digoreng karena lebih kenyal. Tapi bukan berarti pisang raja tidak bisa untuk digoreng. Pisang raja goreng tepung cocok buat teman minum teh maupun kopi di pagi hari maupun di sore hari.

4. Pisang Raja Sebagai Pelengkap Sarapan

Sarapan anda akan lebih berkwalitas jika ada buah termasuk pisang. Pisang raja dipotong-potong kecil enak buat campuran makan sereal. Sehingga ada tambahan serat yang cukup pada makanan anda. Juga akan melengkapi asupan zat-zat gizi yang penting bagi kesehatan tubuh.

5. Pisang Raja Bakar Keju

Wah kalau yang ini cocok sekali disantap di malam hari. Biasanya pas malam hawanya lapar walaupun sudah makan. Jadi pilihan pisang raja bakar yang disiram susu kental manis dan ditaburi  keju. Rasanya sungguh meleleh di mulut. Bagi yang suka coklat bisa diganti dengan taburan meises.

6. Kolak Pisang Raja

Gurihnya santan kelapa segar dan manisnya gula merah semakin menyempurnakan rasa kolak pisang raja. Walaupun rasanya tidak sekenyal pisang kepok. Tapi cukup nikmatlah pisang raja dibuat kolak.

7. Keripik Pisang Raja

Jajanan lama yang masih disukai sampai sekarang salah satunya adalah keripik. Keripik pisang dahulu sering disajikan untuk tamu. Pisang raja juga enak dibikin keripik. Selain rasa asin dan manis, sekarang sudah banyak variasi rasa lainnya.

Baca juga: Keripik Pisang Kepok. Oleh-oleh Khas Lampung Yang Membangkitkan Memori Masa Lalu

8. Banana Split

Bisa kebayang enaknya kan? Panas-panas pulang kerumah sudah disajikan dingin-dingin manis yang menggoyang lidah. Pisang raja dibelah menjadi dua. Lalu ditaruh dalam mangkuk oval. Ditengahnya ditaruh tiga scoop es krim vanila, strowberi dan coklat. Lalu ditaburi chocochips. Mmm bisa kebayang kan nikmatnya.


9. Pisang Raja Untuk Adat Lamaran

Lah ini yang memberi inspirasi saya menulis artikel kali ini. Sorenya baru mengikuti acara pemberkatan secara agama dan juga adat Jawa sehari sebelum hari pernikahan. Dalam adat lamaran Jawa, salah satu bingkisan yang dibawa oleh pihak calon pengantin pria adalah pisang raja.

Baca juga: Ternyata Bolen Keju Lezat ini Terbuat dari Pisang Raja Bulu Loh!

10. Pisang Raja di Ritual Adat Pernikahan

Salah satu pelengkap pernikahan adat Jawa yang dipasang di sebelah kanan dan kiri pintu gerbang adalah pisang raja. Buah pisang raja juga harus yang matang pohon. Ditebang dengan batang pohonnya sekalian (lihat gambar diawal artikel). Dalam musim hajatan pernikahan, permintaan akan pohon pisang raja yang sudah berbuah akan meningkat. 

Inilah 10 cara orang memanfaatkan Pisang Raja. Jika sahabat pembaca ingin menambahkannya silahkan tulis di kolom komentar. Trimakasih (helloiamaris.blogspot.com).