Ternyata Bolen Keju Lezat ini terbuat dari Pisang Raja Bulu loh!



Hello I am Aris  - Tidak semua orang suka pisang, namun jika Pisang Bolen Keju nan lezat sudah dihidangkan di atas meja, mana mungkin akan tahan dengan godaannya.


Sebagai salah satu tanaman yang tumbuh subur di negara tropis yang hanya mengenal dua musim, yaitu musim hujan dan kemarau. Pohon pisang tumbuh di pekarangan rumah, kebun bahkan sudah dibudidayakan sebagai tanaman yang mempunyai nilai ekonomis tinggi.  

Pisang segar sudah menjadi bagian dari menu sehari-hari orang Indonesia. Umumnya disajikan sebagai makanan pencuci mulut maupun camilan disela-sela waktu makan. Juga banyak makanan olahan yang terbuat dari pisang. Seperti kolak pisang, keripik pisang, pisang goreng karamel, pisang bolen keju dan masih banyak lainnya.

Dengan laju pertumbuhan ekonomi di negeri ini yang semakin lebih baik. Mobilitas penduduknya pun semakin lebih intens. Fenomena ini tentu saja dimanfaatkan dengan baik oleh para pelaku bisnis termasuk di sektor kuliner yang menawarkan beragam jenis makanan maupun jajanan yang praktis untuk dibawa sebagai oleh-oleh.


Pisang Bolen Keju yang dikemas praktis dalam kardus berisi 10 biji dengan berat 500 gr dijual seharga Rp. 41 ribu di Salatiga. Sebenarnya kue ini sudah ada di banyak tempat dengan brand yang berbeda, tapi saya tak tahu mana yang paling terkenal maupun rasanya yang paling enak. Pisang Bolen Keju seperti foto diatas terbuat dari terigu, telur, gula, mentega, korsvet, susu,  pisang raja bulu dan keju. 

Ketika menggigitnya terasa kuat gurihnya keju dan susu yang berpadu dengan pisang menghasilkan kombinasi rasa yang lezat. Kue buatan Amanda ini diproduksi di DI Yogyakarta. Namun jika membelinya di Lombok, satu kasdus berisi sepuluh seharga Rp. 75 ribu, jelas lebih mahal setelah dihitung ongkos transportasinya.

Pisang Raja Bulu - image via bukalapak.com 


Untuk lebih jelasnya seperti apakah Pisang Raja Bulu Kuning bahan pembuat Pisang Bolen Keju yang mungkin adalah kue kesukaan anda. Informasi di bawah ini dikutip dari laman ini (pkht.ipb.ac.id).

Pisang Raja Bulu Kuning

▶Bobot per buah : 110 - 120 g
▶Panjang buah : 15 - 18 cm
▶Keliling buah : 11 - 12 cm
▶Warna kulit buah mentah : Hijau tua
▶Warna kulit buah matang : Kuning cerah
▶Warna daging buah : Kuning kemerahan
▶Matang optimal : 7 - 10 hari setelah panen
▶Tekstur buah : Halus
▶Rasa buah : Sangat manis
▶Kadar gula : 18 g/100 g
▶Kadar karbohidrat : 38 g/100 g
▶Energi : 161 Kkal/10 g
▶Kadar vitamin C : 4.6 mg/100 g daging buah
▶Kadar karoten : 88.3 mcg/100 g
▶Bobot per tandan : 12 - 15 kg
▶Penampilan menarik
▶Indeks glikemik rendah : 52 %
▶Tangkai kuat dan buah tidak mudah lepas
▶Perakaran kuat sehingga tahan rebah
▶Nilai ekonomis tinggi