Pisang Buah Paling Populer di Dunia, Anda Setuju?


Image source : Pixabay.com

Arisarmu's Stories - Buah pisang dengan rasa manis dan lembut merupakan makanan favorit yang banyak disukai mulai dari bayi sampai orang tua karena kaya akan vitamin, mineral dan juga sumber serat yang baik bagi kesehatan.


Apakah anda penyuka pisang?  Walaupun jawabannya mungkin beragam. Ada yang suka sekali, agak suka maupun yang  kurang begitu suka. Tapi tak ada salahnya anda tetap membaca artikel ini, mungkin saja bisa bermaanfaat. Kalau saya sendiri pisang adalah salah satu buah favorit. Kenapa? Ya enak saja rasanya, tak butuh ribet, tinggal dibuka kulitnya dan di makan. Begitu simpel kan. Itulah yang barangkali orang menyukai buah yang berkulit kuning maupun hijau ini, selain tentu saja pisang mngandung zat-zat yang bermaanfaat bagi tubuh.

Tapi sayangnya saya tak bisa makan pisang tiap hari. Alasannya? Pertama, kalau setiap hari pasti bosan. Kedua, harga pisang sering mahal, kecuali kalau lagi murah dan yang jual ibu sebelah rumah yang kebetulan jualan pisang, dikasih murah. Tapi kalau yang jualan anak perempuannya harganya jadi mahal. Maka istri saya kalau mau beli tengok dulu siapa yang jual. Itulah salah satu siasat kami untuk bisa makan pisang dengan harga murah hehehe.

Pisang dipercaya sudah dikonsumsi orang sekitar tahun 500 SM dan sekarang sudah  menjadi bagian menu sehari-hari. Diperkirakan lebih dari 100 juta pisang dikonsumsi setiap tahunnya dan 51% nya untuk sarapan.

Pisang merupakan buah tropis yang banyak ditanam di beberapa negara di Asia Tenggara, seperti di Indonesia, Malaysia dan Filipina. Dan pisang mulai diperdagangkan secara internasional pada abad ke 14.

Sebenarnya apa keunggulan pisang sehingga digemari banyak orang? Simak penjelasan ini. Satu pisang kuning besar mempunyai kandungan gizi sebagai berikut: 11 mg kalsium, 35 mg fosfor, 1 mg zat besi, 503 mg potasium, 260 IU. vitamin A, 1 mg niasin, dan 14 mg vitamin C.

Mengkonsumsi pisang secara rutin bisa membantu menurunkan tekanan darah, menurunkan resiko kangker dan asma dan juga sangat baik untuk mengatasi gangguan penyakit yang disebabkan oleh gastroitestinal  atau radang usus dan lambung dan gangguan pencernaan.

Namun karena pisang juga mengandung potasium yang tinggi, jadi dapat membahayakan mereka yang fungsi ginjalnya sedang terganggu jika mengkonsumsi buah ini dalam jumlah banyak.



Referensi:


1. Benefits and health risks of bananas
     www.medicalnewstoday.com

2. Bananas - The World's Healthiest Foods
     www.whfoods.com

3. All about bananas
    www.bananalink.org.uk

4. Heinerman, John, Juice Buah & Sayur untuk Penyembuhan, Jakarta, PT Pustaka Delapratasa, 1999.