Bubur Ayam, Sarapan Enak Yang Murah Meriah


Bubur ayam merupakan salah satu pilihan sarapan yang popupler di Indonesia. Di Salatiga, ada bubur ayam yang enak namun dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan lainnya.

Beragam cara para penjual bubur ayam menjajakan makanannya. Ada yang mangkal disuatu tempat dan buka pada jam yang sama, yang lainnya lebih memilih berkeliling. Ada yang menggunakan gerobak dorong dan ada juga yang menggunakan sepeda motor.


Penjual bubur akan meracik langsung ketika ada pembeli. Namun tak butuh waktu lama untuk menyiapkannya, jadinya para pembeli tak perlu khawatir, kecuali jika antriannya panjang. Ini biasanya di tempat penjual bubur yang sudah ngetop. Tapi karena hanya meracik bahan-bahan yang sudah ada, sehingga ini pun tak terlalu membutuhkan waktu terlalu lama. Tentunya beda dengan penjual nasi goreng yang harus memasaknya terlebih dahulu.

Nasi yang diolah menjadi bubur terbukti sangat nikmat buat sarapan. Sehingga tak mengherankan bubur ayam sangat digemari banyak orang, termasuk di kota mungilku. Jika hari sudah agak siang, biasanya sulit mendapatkan penjual bubur ayam yang masih tersisa jualannya.

Selain nikmat, sarapan bubur juga tak terlalu mengenyangkan, jadinya enak di perut. Dibandingkan jika makan nasi dipagi hari, tak semua orang bisa. Dengan alasan perutnya belum siap menerima makanan yang agak keras terlalu pagi. Jadinya mereka lebih memilih bubur yang lembut dan lumer di mulut.

Tak semua orang membeli bubur komplit, ada juga yang hanya membeli bubur nasi saja untuk anggota keluarganya yang sakit. Dan lauknya mereka sudah menyiapkannya sendiri di rumah. Itu lebih praktis dibandingkan jika harus membuat bubur nasi sendiri di rumah. Sehingga kehadiran penjual bubur ayam sangat dibutuhkan banyak orang.

Baca juga: Sego (Nasi) Jagung, Kuliner Khas Salatiga Cocok Buat Sarapan

Sebenarnya kami sendiri jarang sekali sarapan bubur, namun sekitar dua mingu yang lalu didepan rumah lewat seorang penjual bubur ayam dan kepengin juga setelah sekian lama tak merasakan. Dulu semasa dua cowok kembar kami masih kecil, kami kerap membeli bubur ayamnya. Waktu itu penjualnya masih menggunakan gerobak dorong. Namun sekarang sudah berganti dengan mengendarai sepeda motor. Sebenarnya sudah cukup lama juga sih bergantinya. Selain tidak capai mendorong, juga bisa menjangkau ke tempat yang lebih jauh.

Penjual bubur ayam keliling sedang meracik pesanan kami


Bubur ayam buatannya (saya nggak tahu nama penjualnya) cukup nikmat buat sarapan dan harganyapun tergolong murah sekali. Satu porsi masih seharga Rp. 4.000. Bandingkan dengan penjual lainnya yang harganya sekitar Rp. 6.000 - Rp. 7.000/porsi. Harga bubur ayam yang lebih mahal pun tak menjamin rasanya lebih enak.


Semangkuk bubur ayam dengan suwiran daging ayam, irisan seledri dan kacang goreng, lalu disiram kuah hangat berbumbu sedap semakin nikmat disantap dengan sambal pedas dan kerupuk. Sarapan jadi terasa spesial. 

Yuk sarapan bubur ayam! (helloiamaris.blogspot.com)

Comments

  1. Ini mirip kalau di Cirebon, dikenalnya bubur sop ayam. Kuahnya lebih banyak gitu, kalau sy sebutnya bubur becek.

    Uih murahnya ya, seporsi segitu. Di Pandaan, Pasuruan, Jatim gak dapat segitu, paling kisaran 7-9K per porsi, atau 10K.

    Murahnya itu, mau dong :) bwt sarapan pagi murah meriah. Pesen gk pakai kacang dan gk pake sambel ya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bubur becek, kok seperti habis hujan mas hehehe

      Penjual keliling yg pakai motor kayaknya yg paling murah jualannya...

      Justru menurut saya pakai sambel dan kacang yg bikin enak mas

      Delete
  2. Bubur ayamnya ada kuah ya?
    Iya nih, kalo pake Tabasco lebih mantul, cobain deh.

    Kalo makan bubur ayam ama tabasco dan minumannya Bloody Mary, gimana rasanya ya??? Super hot!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dicoba nih bubur ayam pakai Tabasco pedasnya pasti mantap.

      Kalau minumannya Bloody Mary, bisa lupa beraktifitas nnt mbak :D

      Delete
  3. Ak sampai saat ini belum bisa makan bubur, karena lembeknya it gak nahan bangett.. gimana ya cara ngatasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba makan bubur kombinasi mas, rasanya manis mungkin suka...
      Setelah itu coba lagi makan bubur ayam yg gurih..

      Kalau masih belum bisa,..bubur ayamnya buat saya aja hehehe

      Delete
  4. Aku juga sukak sarapan bubur ayam, tapi gak suka kalo pake daun seledri.. hehe..
    murah banget yaa 4000an udah dapet seporsi bubur ayam. kalo di jakarta harganya 10ribuan semangkuk.. huhu~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini salah satu enaknya tinggal di kota mungil kami, makanan masih murah mbak

      Delete
  5. Sarapan yang enak dan bisnis bagus. Awal dulu saya sempat protes sama ibuku, bubur ayaM? Makanan aneh dan kejam, ayam kok di masak sampai jadi bubur?

    ReplyDelete
  6. pagi tadi saya bersarapan bubur daging hehehe kebetulan pula ya baca entry ini

    ReplyDelete
  7. Saya dulunya sering makan bubur ayam, dan punya langganan
    Karena setiap pagi dan sore lewat menggunakan gerobaknya.
    Sekali makan biasanya saya dua mangkok
    Tapi semenjak dia sudah menginggal, jadi jarang makan bubur lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti enak sekali buburnya sampai habis dua mangkuk, sayang nggak ada anggota keluarganya yg menggantikan jualan

      Delete
  8. Sudah lm ga kemari... Sy jg penyuka bubur ayam... Biasanya yg ada kuah dikit wrna kuning... Pake kacang kedele dan potongan ati ampela ayamm... hemmm sedap bangeet 😋

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah jadi pengin makan bubur pakai ati ampela ayam 😋

      Delete
  9. Nice info. Kalau sarapan kuliner PKL, saya ingetnya cuma 3, bubur ayam, kupat tahu, & nasi soto. Murah bubur 4 ribuan. Rata2 sudah 6 ribu-9 ribu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin hanya dia aja yg jual bubur ayamnya masih 4 ribuan

      Delete
  10. asli murah sekali mas 4 ribu untuk nggak ya ini bapak kalau ditempatku 8 ribu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Krn cepet habis jadi mungkin lebih menguntungkan Bang

      Delete
  11. Sy tim bubur ayam ga pake diaduk mas, lebih suka buburnya ga keliatan ngacak dan toppingnya masin keliatan cantik di atas, dan satu lagi request biasanya ayam bagian kulitnya saja hahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap mbak, tunggu sebentar yah saya racik dulu bubur ayamnya :D

      Delete

Post a Comment