Mangga, Buah Tropis Yang Paling Disukai


Akhir tahun tak hanya identik dengan musim hujan, namun juga musim mangga. Kalau membicarakan tentang buah yang satu ini, pasti dong banyak orang yang suka, termasuk kami sekeluarga.

Buah mangga juga dijuluki sebagai 'The Best of Tropical Fruit' atau buah tropis yang terbaik atau terenak. Kalau saya sih setuju-setuju saja karena rasa buah ini manis, sedikit asam, berbau harum dan menyegarkan. Walaupun ada jenis yang kecut tanpa ada rasa manisnya. Ada yang bilang nikmat kalau dibuat rujak. Tapi saya sendiri nggak kuat perutnya kalau makan buah yang kecut. Kalau rasa pedas saya sih masih tahan.


Buah mangga yang manis, enak dimakan langsung. Namun ada sebagian orang yang lebih suka dibuat jus atau es buah. Dulu waktu saya masih kerja di sebuah kafe di  Ubud, Bali. Turis asing suka sekali pesan jus mangga. Waktu musim mangga, jus ini laris manis. Sebentar saja sudah habis.

Ada beberapa jenis mangga yang disukai banyak orang di negeri tercinta Indonesia ini, seperti mangga manalagi, mangga golek, mangga harum manis, mangga madu, dan mangga indramayu. Mungkin ada jenis lainnya yang belum saya sebutkan, kamu bisa menambahkannya di kolom komentar ya. 


Mengkonsumsi mangga juga bagus bagi kesehatan karena mengandung nilai gizi yang tinggi. Menurut Wikipedia nilai kandungan gizi mangga per 100 g:
Energi 272 kj, Karbohidrat 17,00 g, Gula 14,8 g, Diet serat 1,8 g, Lemak 0,07 g, Protein 0,51 g, Vitamin A equiv. 38 mg, Beta-karoten 445 mg, Thiamine (Vit. B1) 0,058 mg, Riboflavin (Vit. B2) 0,057 mg, Niacin (Vit. B3) 0,584 mg, Asam pantotenant (Vit. B5) 0,160 mg, Vittamin B6 0,134 mg, Folat (Vit. B9) 14 mg, Vitamin C 27,7 mg, Kalsium 10 mg, Besi 0,13 mg, Magnesium 9 mg, Fosfor 11 mg, Kalium 156 mg, Seng 0,04 mg.


Didaerah tempat tinggal kami, jenis mangga yang paling umum dijual adalah mangga manalagi dan mangga madu. Ini jenis buah yang hampir setiap hari kami makan, mumpung harganya lagi murah. Tapi kalau lagi mulai mahal ya nggak beli dong. Cari buah lainnya yang lebih murah hehehe.

Kemarin hari minggu siang sepulang dari ibadah. Istri dan saya mampir ke warung buah. Mumpung waktu itu harga buahnya lebih murah dari penjual buah disebelah rumah. Kami membeli 3 kg mangga madu. Harganya Rp. 5K/kg. Dirumah kamipun masih punya mangga manalagi yang dibeli dari warung sebelah rumah. Menurut saya mangga manalagi rasanya jauh lebih enak. Tapi mangga madu pun rasanya tak mengecewakan. (helloiamaris.blogspot.com)


Mangga madu

Mangga manalagi

Mangga manalagi setelah dikupas