Nanas, Buah Tropis Yang Banyak Manfaatnya


Image source - Pixabay.com

Arisarmu's Stories - Dikenal sebagai buah tropis juicy, nanas merupakan salah satu buah yang memiliki perpaduan rasa manis dan asam yang disukai banyak orang karena rasanya enak dan menyegarkan dan hasil olahannya pun tak kalah nikmatnya.

Sebagai sebuah negara di kawasan Asia Tenggara yang dilalui oleh garis katulistiwa, Indonesia merupakan negara tropis yang mendapatkan banyak sinar matahari sepanjang tahun dan curah hujannya yang cukup banyak terlebih di musim penghujan sehingga negeri ini kaya akan beragam jenis flora dan fauna. Pohon buah-buahan pun tumbuh subur, baik yang berbuah musiman maupun yang bukan buah musiman yang tersedia sepanjang tahun.

Nanas (Ananas sativa) yang konon merupakan buah asli dari Brasil, mengandung zat gizi yang bermanfaat bagi tubuh, yaitu kalsium, fosfor, zat besi, sodium, potasium, magnesium, vitamin A, dan vitamin C. Sekarang sudah banyak dibudidayakan sebagai tanaman perkebunan yang mempunyai nilai ekonomis tinggi.

Pohon nanas - Photo via Pixabay.com


Nanas selain dimanfaatkan sebagai buah untuk pencuci mulut, juga telah banyak digunakan dalam produk makanan dan minuman, misalnya jika anda masuk kesebuah restaurant dan hendak memesan minuman mixed  juice, umumnya juice campur yg akan disajikan bisa berupa kombinasi dari pisang, nanas, dan pepaya. Perpaduan warna dan rasa yang nikmat. Dan nanaspun sering dijadikan bahan pembuat es campur sebagai pelepas dahaga ketika udara panas.

Bagi penggemar gurami goreng saos asam manis tentunya sependapat potongan kecil nanas bisa menetralisir rasa amis pada ikan dan juga rasa asamnya bisa mengurangi rasa enek di perut. Juga rasa manis dan asam dari buah yang juicy  atau mengandung air ini akan menambah lezat rujak serut pedas favorit anda.

Selain itu nanas juga bisa dibikin selai yang nikmat untuk isian kue nastar maupun untuk dioles pada roti tawar untuk sarapan yang lezat.
Cara membuatnya pun simpel, nanas setelah dikupas lalu diparut dan dimasak sampai agak kering atau berkurang airnya lalu ditambahkan gula pasir, garam dan kayu manis. Lalu diaduk terus sampai kering dan berwarna kuning keemasan.

Selain kelapa muda, nanas merupakan buah yang laris dijual di pantai, terlebih jika pantai itu ramai dengan wisatawan mancanegara. Mereka terlihat sangat menikmati buah yang daging buahnya berwarna kuning ini sambil duduk di pantai. Sedangan para penjual yang biasanya wanita akan dengan tangkas mengupas kulit nanas melayani pesanan pembeli.

Bagaimana dengan anda sendiri. Apakah menyukai nanas atau produk olahannya?