Seorang Montir Itu Bisa Karena Bakat Atau Latihan Sih?


Terkadang seseorang butuh waktu untuk menyadari bakat yang dimilikinya. Ada yang sebentar, namun ada juga yang butuh waktu lama untuk menemukannya. Salah satu bakat yang mudah terlihat adalah seorang montir karena orang tersebut biasanya suka utak utik kendaraan bermotor.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), montir adalah orang yang pekerjaannya memasang, memperbaiki mesin kendaraan bermotor dan sebagainya yang rusak.



Pernah dulu mengenal beberapa orang yang berbakat montir, ada yang sekedar hobi maupun sebagai profesi. Persamaannya yaitu mereka terlihat sabar dan asyik dalam aktifitasnya. Mereka biasanya memulai dari membongkar kendaraan bermotor mereka sendiri atau milik teman.

Ada juga Sepeda motor plat merah ayahnya sudah berkali-kali jadi ajang percobaan bongkar mesin. Memang kala itu anak tersebut sekolah di SMK namun jurusannya welding atau pengelasan. Tapi bakatnya di mesin memang sudah terlihat sejak kecil. Itu penuturan ayahnya.

Orang yang hobi bongkar mesin, tampilan tangan biasanya berotot terlihat jelas, walaupun badan terkadang kecil. Ditambah lagi jari-jari tangan yang nampak gelap dibandingkan dengan orang kebanyakan. Ya wajar saja karena urusan dengan mesin tentunya tangan akrab dengan oli.

Baca juga: Melihat Montir men-Tune Up (service) Sepeda Motor

Walaupun ada yang mengatakan, bakat hanya berkontribusi sedikit sedangkan kerja keras yang paling utama dalam kesuksesan seseorang. Tapi untuk urusan yang menyangkut mesin, kok saya tak begitu setuju. Kalau tak punya bakat kuat tak mungkin seseorang bisa menjadi montir.  Setidaknya mengerti secara umum apa yang terjadi jika kendaraan bermotornya ada masalah.

Baca juga: Usaha Reparasi Jok Sepeda Motor - Modal Keberanian Itu Penting

Berbeda dengan saya yang tak punya bakat yang berkaitan dengan mesin maupun kelistrikan. Sehingga belajar sekeras apapun tak yakin saya akan bisa. Pernah sih suatu kali membongkar karburator sepeda motor di rumah. Melepasnya gampang sekali, kemudian dibersihkan dan akhirnya karburator dipasang kembali. Tapi apa yang terjadi, mesin malah jadi tak mau hidup hehehehe.
(helloiamaris.blogspot.com)