Usaha Reparasi Jok Sepeda Motor - Modal Keberanian Itu Penting



Akhirnya jok sepeda motor robek sudah diganti, tak perlu takut rembesan air hujan membasahi busa jok sehingga ketika diduduki pantat jadi basah seperti orang mengompol, sedih dan malu jadinya kan. Bisa kebayang kalau itu berlangsung terus-menerus dan tak segera dicari solusinya.


Setelah mencari keberadaan tempat reparasi jok motor di kota mungil tempat tinggalku, akhirnya seseorang memberitahukan keberadaannya. Ternyata tempat itu biasa aku lewati, namun karena tak ada banner didepannya yang bisa dibaca sebagai nama jenis usahanya,  sehingga kios kecil yg sederhana terluput dari pengamatanku dan para pengendara lain yang lewat pun mungkin juga tak akan memperhatikannya.

Berlokasi di jalan Pertigaan Nanggulan - Dr. Moewardi didekat pom bensin angkatan darat Salatiga. Inilah tempat Heri mencari nafkah dengan mengandalkan keahliannya dalam mereparasi, membuat variasi dan memodifikasi jok sepeda motor yang sudah berlangsung selama 4 tahun. Dia menempati sebuah kios kecil berukuran 3m X 3m. Dan dibelakangnya ada ruangan kecil. Sepertinya tempat dia beristirahat membaringkan badan ketika tak ada pekerjaan, ada terlihat di dalamnya air mineral galon.

Heri memulai usahanya jam 10.00 sampai dengan 18.00 WIB. tidak ada orang lain yang terlihat membantunya. Ketika ku sampai disana ada tiga orang sedang menunggu antrian. Ada tiga harga yang dia tawarkan untuk mengganti kulit jok sepeda motor yang rusak atau robek.

Yang paling murah dia mematok harga Rp.55 ribu. Ternyata menurut keterangannya, ini yang paling diminati oleh remaja putri karena ada beragam pilihan gambar, seperti Doraemon, Tasmanian Devil bahkan klub sepakbola ternama Chelsea, namun tak terlihat yang berlogo klub sepak bola favorit aku Manchester United. Apa mungkin sudah habis terjual, tak tahulah.

Ada kulit jok yang berharga Rp.65 ribu polos tak bergambar tapi ada sedikit tulisan. Namun aku memilih yang Rp. 75 ribu dengan pertimbangan kainnya lebih kuat dan warnanya hitam polos.

Tak butuh lama bagi Heri, spesialis jok khusus sepeda motor, untuk menyelesaikan satu jok, dia hanya butuh waktu sekitar 15 menit. Pertama dia melepas jok dari sepeda motor. kemudian melepas kulitnya, lalu setelah dilepas terlihat busanya, kalau ada yang robek akan ditambal dengan sisa potongan busa dan di lem, kemudian dirapikan dengan pisau dan diamplas dengan parutan keseluruh permukaan busa.

Saya baru tahu ternyata parutan tak hanya berfungsi di dapur saja, disini ternyata sangat bermanfaat. Mungkin ini untuk membuat kulit jok bisa melekat dengan rapi. Setelah itu dia mengambil kulit jok, yang aku maksud tentunya bukan kulit binatang tapi yang biasa untuk kursi sudut namun yang ini lebih tipis.

Setelah diukur, dia memotong bagian depan dan menjahitnya. Kemudian kulit jok dipasang dan direkatkan dengan di steples, lalu dia menggunting untuk merapikannya. Akhirnya jok sepeda motor yang sudah kembali bagus di pasang. Sungguh cekatan cara Heri mengerjakannya. Aku pun sangat senang karena jok motorku sudah bagus.

Heri sedang mengganti kulit jok sepeda motor.

Kenapa di judulnya aku tulis usaha ini butuh modal keberanian disamping skill yang memadai karena modal dasar menjalankan wirausaha adalah berani bertindak tak perlu takut akan resiko kegagalan atau sepi pelanggan karena jika hasil kerjanya bagus dan cepat, pasti pelanggan akan berdatangan.
(helloiamaris.blogspot.com)