Ini Yang Harus Dilakukan Jika Mengikuti Paduan Suara


Image via Pixabay.com

Ada makna yang lebih dalam dari keikutsertaan seseorang pada sebuah kelompok paduan suara. Tidak hanya sekedar melatih kemampuan vokal, namun juga bisa belajar kedisiplinan, kerjasama, dan saling menghargai. Itulah beberapa hal yang perlu dilakukan oleh setiap anggota koor.

Setelah sempat bingung topik apa yang akan saya tulis pada artikel kali ini. Mungkin ini pernah dialami oleh kalian semua. Ketika keinginan untuk bisa konsisten menulis terkendala berbagai macam persoalan. Termasuk masalah klasik yaitu 'kehabisan' ide menulis.

Baca juga: Benarkah Hobi Memancing Itu Mengasyikkan?

Namun biasanya setelah ada stimulus, ide tiba-tiba muncul dikepala. Seperti ketika anak kami Dennis pulang dari latihan paduan suara di gereja. Kenapa nggak mengambil tema tentang paduan suara, pikirku. Kebetulan saat ini saya tergabung dalam sebuah paduan suara untuk mempersiapkan lomba yang akan dilangsungkan pada bulan september tahun ini.

Karena saya biasanya sebagai organist yang mengiringi paduan  suara, jadi kesempatan di vokal saya manfaatkan untuk melatih suara saya agar tepat dengan nada yang tertulis di notasinya. Kelompok kami akan mengikuti Pentas Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) dalam kategori Paduan Suara Pria. Sedangkan pengiring koor atau pemain musik akan disediakan oleh panitia.

Paduan suara atau biasa disebut koor bisa terdiri dari empat jenis suara bahkan satu suara yang disebut unisono. Ini semua tergantung dari aransemen lagu yang tersedia. Pelatih koor akan membagi para anggota dalam kelompok suara yang berbeda agar terjalin harmonisasi yang enak didengar.



Pembagian Empat Suara Dalam Koor:

Sopran : suara wanita tinggi
Alto : suara wanita rendah
Tenor : suara pria tinggi
Bass : suara pria rendah

Namun karena kelompok kami adalah Paduan Suara Pria, jadi jenis suaranya pun dibagi menjadi seperti ini: Tenor 1, Tenor 2, Bass 1 dan Bass 2.

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Oleh Setiap Anggota Koor:

1. Kedisiplinan
Disiplin dalam mengikuti setiap sesi latihan sangat penting agar semakin padu dengan suara yang lain. Selain itu sangat perlu untuk berlatih di rumah agar bisa semakin cepat menguasai lagu.

2. Kerjasama
Koor merupakan suatu kelompok vokal sehingga volume suara harus harmoni. Suara tiap individu tidak boleh menonjol, berbeda dengan solo vokal yang bebas berekpresi. Suara yang dihasilkan oleh paduan suara adalah suara tim bukan per individu

3. Saling Menghargai
Kemampuan setiap individu berbeda dan juga tingkat kesulitan tiap bagian suara pun juga tidak sama. Sehingga terkadang, misalnya kelompok suara Bass lebih cepat menguasai lagu harus menghargai kelompok suara Tenor yang mungkin masih kurang tepat mengambil nadanya.

Baca juga: Sekilas Tentang Hobart, Kota Kenanganku



Kesimpulan

Keberhasilan sebuah kelompok paduan suara tidak tergantung dari satu atau dua orang, namun dari semua anggota yang tergabung. Sangat penting untuk selalu hadir dalam setiap sesi latihan dan tekun berlatih di rumah. Saling mendengarkan suara teman sangat penting untuk menjalin kekompakan. Saya yang tergabung dalam kelompok suara Bass berusaha untuk tekun berlatih di rumah, agar ketika saatnya berlatih bersama bisa cepat menguasai lagu (helloiamaris.blogspot.com).