Benarkah Hobi Memancing itu Mengasyikkan?


Image source: Pixabay.com


Arisarmu's Stories - Bagi sebagian orang memancing merupakan hobi yang menyenangkan dan cara bagus untuk bersantai mengisi akhir pekan maupun liburan sehingga pikiran yang kusut akan disegarkan kembali.


Banyak tempat bagi mania mancing untuk menyalurkan hobinya. Mulai dari tempat yang tak terlalu sulit yaitu kolam pancingan, sampai yang menantang seperti di sungai, danau bahkan di laut. Sedangkan di kolam pancingan setahu saya ada dua jenis kolam, pertama ikan-ikan tersebut kerap diberi makan sehingga sudah kenyang jadi sulit untuk dipancing, dan yang kedua ikan-ikan di kolam itu dalam keadaan lapar sehingga mudah untuk dipancing. Selanjutnya hasil pancingan itu ditimbang lalu anda membayar. Kalau kolam pancingan menyediakan warung makan bisa langsung minta digoreng ataupun dipanggang sesuai selera. Sungguh enak menikmati olahan ikan lezat hasil tangkapan anda tanpa perlu kuatir tergores ketika membersihkan sisik ikan dan juga tanpa perlu repot meracik bumbunya. Jadi bisa kebayang kan kalau anda mancing tapi susah dapatnya sedangkan perut lapar tak mau kompromi minta diisi.

Di beberapa rumah makan yang berkonsep taman yang menyediakan kolam pancingan kerap mengadakan lomba memancing. Bagi anda yang hobi mancing tentunya tak mau menyia-nyiakan momen tersebut dengan berpartisipas sambil bersosialisasi, mendapat teman baru dan juga puas mendapat ikan tangkapan, apalagi kalau jadi juara pasti sangat senang kan.

Pernah juga menjumpai lomba memancing di saluran irigasi yang disekat dengan jaring dan ditebar banyak ikan. Itu bertempat di kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, tapi saya tidak tahu nama desanya, namun lokasinya dipinggir jalan dengan para peserta lomba mancing duduk berderet yang masing-masing berusaha mendapatkan ikan yang terbanyak. Kami tentunya menepi untuk melihat sejenak.

Rawa Pening yang berada di kabupaten Semarang, selain sebagai tempat wisata, juga merupakan tempat favorit bagi para penghobi mancing. Ikan di rawa itu tak pernah habis karena setiap tahun ditebar ribuan benih ikan oleh Dinas Perikanan Provinsi, kata teman saya yang biasa mancing, menurut penuturannya pernah tercebur ke dalam rawa lebih dari sekali ketika perahu sewaannya oleng tertiup angin kencang. Padahal kalau di musim hujan kedalaman rawa bisa sampai 25 m loh. Ngeri kan, tapi kejadian tersebut tak pernah menyurutkan minatnya untuk berhenti memancing.

Seberapapun hasil tangkapan ikan, bagi para mania mancing, hobi memancing selain bisa melatih kesabaran dan juga meningkatkan skil memancing ketika berbagi ilmu dengan sesama penghobi, sedangkan jika tangkapan ikan banyak merupakan reward  yang bisa dinikmati di rumah sebagai lauk. Karena bagi sebagian orang, memancing hanyalah sekedar hobi untuk mengobati kejenuhan dari rutinitas sehari-hari bukan sebagai mata pencaharian. Apakah anda juga suka mancing ikan?