Ada Sirkuit BMX di Taman Kota Salatiga Bendosari


Kegiatan olahraga BMX semakin diminati di Indonesia. Olahraga yang memacu adrenalin ini bisa anda lakukan di Taman Kota Salatiga yang berlokasi di desa Bendosari.

Menurut catatan Wikipedia, BMX atau bicycle moto cross dimulai pada awal 1970an ketika anak-anak mulai balapan dengan menggunakan sepeda mereka di jalanan yang kotor di California bagian selatan. Mereka terinspirasi oleh para bintang motocross yang sedang populer saat itu.


Untuk menghindari cidera, biker mengenakan perlengkapan yang wajib dipakai, seperti helm, pelindung lutut dan kaki. Tentu semua itu jangan diabaikan ya karena keselamatan tetap yang harus diutamakan. Agar terhindar dari sesuatu yang tidak diinginkan. Misalkan jatuh dan bisa mengakibatkan cidera yang serius.

Bagi penghobi olahraga BMX yang tinggal di Salatiga atau daerah sekitarnya pasti senang dong karena di Taman Kota Salatiga ada sirkuitnya. Tentu bisa dimanfaatkan sebagai olahraga sekalian menguji nyali. Dilihat dari treknya cukup menantang juga sih.

Kabar baiknya, masuk ke taman kota ini gratis, cuma bayar ongkos parkir saja. Ini merupakan wujud pemerintah daerah yang ingin memanjakan warganya. Kan warganya juga sudah taat membayar pajak, jadi hasilnya bisa dinikmati untuk kenyamanan bersama.

Baca juga: Pameran Kearsipan Kota Salatiga 2019 - Dulu Siswa Menulis di Sabak

Lokasinya pun sangat mudah diakses karena berada di Jalan Lingkar Selatan (JLS). Diseberang jalan persis ada Hutan Kota Salatiga. Walaupun lokasinya di desa Bendosari yang jauh dari pemukiman. Namun lambat laut daerah sekitarnya tentu akan menjadi ramai. Sehingga untuk jangka panjangnya masih tersedia lahan hijau luas sebagai paru-paru kota Salatiga dan resapan air tanah.

Mengutip dari website resmi KONI Kota Salatiga, Taman Kota Salatiga pernah sebagai tempat untuk mengelar kejuaraan BMX yang bertitelkan Salatiga BMX Supercross Open Championship pada tahun 2016 yang diikuti sebanyak 215 atlet sepeda sport. Event yang efektif untuk mempromosikan Kota Salatiga.


Pada hari minggu sore saya sengaja main ke taman ini untuk jalan-jalan santai. Lumayan juga daripada tidak berolahraga sama sekali hehehe. Bisa melemaskan kaki dan menyegarkan pikiran karena tempatnya nyaman dan banyak pepohonan. Semoga Taman Kota Salatiga tetap rapi dan bersih dan tidak dikotori maupun dirusak oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab.

Baca juga: Jalan Santai di Taman Kota Salatiga Bendosari - Sehat Usir Depresi

Saya melihat beberapa orang lelaki sedang asyik menikmati tantangan di sirkuit BMX di taman ini. Ada tiga orang. Mereka memakai perlengkapan yang sesuai dengan stardar keamanan. Meluncur satu persatu dari ketinggian. Saya tidak tahu berapa tingginya, namun cukup tinggi dan bisa dilihat dari foto di bawah ini.

Start dari atas sini lalu melalui rintangan berupa gindukan-gundukan tanah.




Tiga orang itu memacu sepedanya melalui beberapa gundukan tanah dan seorang terlihat melakukan jumping. Asyik deh melihatnya. Bisa kebayang kan, melihat saja hati sudah senang apalagi mereka yang melakukannya. Pasti seru deh jadi bikin ketagihan.

Baca juga: Yuk Wisata Hutan Pinus Kalipasang di Taman Nasional Gunung Merbabu

Namun bagi anda yang sekedar ingin bersantai sambil gowes bisa bawa sepeda ke sini juga kok. Tak perlu harus meniru mereka. Seperti beberapa remaja laki-laki yang saya lihat disana. Mereka hanya bersepeda santai di tempat yang landai. Itulah salah satu cara mereka menikmati sore hari yang indah.


Inilah sebagian yang bisa dilakukan di Taman Kota Salatiga. Ruang terbuka hijau dengan udaranya yang sejuk dan bebas polusi sehingga menjadi tempat favorit warga kota mungil Salatiga, terlebih bagi mereka penghobi olahraga BMX (helloiamaris.blogspot.com).