Jalan Santai di Taman Kota Salatiga Bendosari - Sehat Usir Depresi


Namanya Taman Kota Salatiga, namun lokasinya terletak di pinggiran kota di desa Bendosari, untunglah mudah diakses lewat Jalan Lingkar Selatan Salatiga (JLS).

Setiap akhir pekan dan hari-hari libur nasional, tempat ini selalu ramai oleh pengunjung. Tentu saja sebagai ruang terbuka publik, Taman Kota Salatiga menawarkan sarana rekreasi keluarga yang nyaman, aman, sejuk dan murah. Pengunjung tidak dikenakan biaya masuk, hanya sekedar membayar ongkos parkir.

Taman Kota Salatiga berada di lahan seluas 9 hektar. Taman yang pada pertengahan bulan ini mendapat kunjungan dari Gubernur Jawa Tengah, bapak Ganjar Pranowo, sekarang nampak berbeda. Tempatnya semakin dipercantik dengan tambahan maupun perbaikan fasilitas-fasilitas penunjang. Dan semoga tidak ada lagi tangan-tangan usil yang tidak bertanggung jawab. Sehingga taman ini bersih dari coretan.

Disini pengunjung setelah memarkir kendaraan bermotor akan menuruni banyak anak tangga warna-warni. Merah.biru, kuning, hijau, oranye dan ungu. Sedangkan diatas turunan digantung juga beraneka warna caping dan payung. Konsep seperti ini memang sudah banyak diterapkan di banyak tempat wisata dan sangat menarik sebagai tempat untuk berselfie ria.

Hari minggu yang lalu saya sengaja kesini untuk melemaskan sepasang kaki saya yang sudah mulai kaku. Mau memulai aktifitas olahraga kok rasanya malas sekali. Setelah berhenti lama sulit sekali memulainya lagi, sehingga jalan-jalan di taman kota saya anggap sebagai solusi. Selain itu saya pun bisa mendapatkan materi untuk tulisan di blog ini.

Baca juga: 

Cukup banyak sebenarnya yang bisa diceritakan tentang Taman Kota Salatiga, seperti ada sirkuit BMX, namun kali ini saya hanya ingin menceritakan pengalaman jalan santai saya di taman kota itu. Aktifitas yang santai tapi bisa menyehatkan badan dan tentunya bisa menyegarkan pikiran dan mengusir depresi.






Perasaan cemas, sedih dan kosong bisa diatasi dengan jalan-jalan di taman. Buah dari kejenuhan yang sering dialami oleh banyak orang, tergantung bagaimana cara meresponnya tiap individu tentunya berbeda. Namun jangan sampai perasaan negatif itu mengganggu kehidupan kita.

Melihat orang lain bergembira menikmati waktu indah bersama teman dekat maupun keluarga tercinta merupakan pemandangan yang menyenangkan hati. Anak-anak kecil bermain di play ground, sedangkan orang tua mereka mengawasi dengan hati senang.


Pepohonan yang banyak tumbuh memberi kesejukan alami.  Kondisi yang sekarang sudah tidak didapatkan di pusat kota Salatiga yang semakin panas. Bersyukur warga kota mungil ini memiliki taman seperti ini. Ayo mari kita jaga kelestarian dan kebersihananya, sehingga tetap menjadi tempat yang senantiasa menyejukkan tubuh dan hati.




Tak lama saya jalan-jalan di Taman Kota salatiga, hanya 45 menit namun cukup membuat tubuh dan pikiran segar. Sore itu sudah hampir jam 17.15, namun masih banyak pengunjung yang masih asyik berlama-lama. Kapan-kapan jalan-jalan santai di sini lagi ah, kataku dalam hati sambil berjalan menuju tempat parkir (helloiamaris.blogspot.com).