Soto Sokaraja Sambal Kacang, Kuliner Khas Banyumas



Sebagai salah satu makanan berkuah yang paling banyak digemari, soto bisa ditemukan dimana saja, namun ada keunikannya bahwa tiap daerah mempunyai ciri khasnya masing-masing dalam meracik bahan-bahannya.


Artikel kali ini masih melanjutkan dua artikel sebelumnya ketika mengunjungi kerabat pada hari Lebaran kedua di desa Karanganyar, kecamatan Jatilawang, yang masih didalam wilayah kabupaten Banyumas.

Banyumas adalah sebuah kabupaten disebelah barat daya provinsi Jawa Tengah yang dikelilingi lima kabupaten, yaitu kabupaten Brebes, Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen dan Cilacap dengan Purwokerto sebagai ibukotanya. Bersemboyan Satria: Sejahtera, Adil, Tertib, Rapi, Indah dan Aman. Purwokerto telah berkembang pesat menjadi kota belanja yang sibuk dan tempat tujuan wisata yang menarik dikawasan tersebut.

Bagi para pecinta alam yang gemar menaklukkan puncak gunung, kabupaten inipun menjadi tempat tujuan yang favorit karena diwilayah paling utara ada gunung Slamet yang merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah sehingga akan memberikan tantangan tersendiri bagi mereka dan tentunya suguhan pesona alam yang memukau. Sehingga banyak sekali obyek wisata alam dilereng gunung Slamet yang sangat indah dengan udaranya yang sejuk sebagai daya tarik wisata. Selain itu kuliner khas kabupaten Banyumas berbeda dengan daerah lainnya menjadi keunikan tersendiri yang sayang untuk diabaikan begitu saja.

Bagi pecinta kuliner khas kabupaten Banyumas, Sokaraja bukanlah tempat yang asing karena disini terkenal dengan pusatnya oleh-oleh khas daerah ini, seperti getuk goreng Sokaraja, nopia, jenang jaket, keripik dan tentunya Soto Sokaraja yang terkenal itu.

Kenapa Soto Sokaraja berbeda dengan soto di daerah lain? Kalau dilihat dari isinya yang terdiri dari kupat, potongan daun bawang, kecambah, kerupuk warna-warni, soun, taburan bawang goreng, sedangkan pilihannya bisa suwiran daging ayam, potongan daging sapi maupun babat sesuai dengan selera dan kuahnya pun sesuai dengan dagingnya. Jika memilih daging ayam akan ditambahkan kuah dari kaldu ayam, demikian halnya akan ditambahkan kuah kaldu sapi jika memesan soto sapi atau soto babat. Ada satu bumbu yang membuat Soto Sokaraja unik yaitu mamakai sambal kacang!

Baca juga: 
> Warga Desa Karanganyar, Banyumas Tangkap Ikan di Sawah
> Oseng Walang Sangit: Kuliner Ekstrim Desa Karanganyar, Banyumas


Jadi jika anda berwisata ke Purwokerto maupun ketempat-tempat wisata di wilayah Kabupaten Banyumas dan memesan soto di warung makan, jangan kaget jika sambal yang disajikan adalah sambal kacang halus yang sudah bercampur dengan cabai. Soto Sokaraja ini juga cocok disajikan pada hari raya seperti ketika Lebaran hari kedua kami berkunjung ke rumah Eyang (nenek) Rob di desa Karanganyar. Hidangan makan siang berupa Soto Sokaraja daging ayam dengan bumbu kacang pedas sungguh membikin lidah kami menari lezat, apalagi minumannya kelapa muda yang baru saja dipetik. Mmmm benar-benar segar dan nikmat. Jadi ku tak sabar menunggu hari Lebaran tahun depan. (helloiamaris.blogspot.com)