Mengintip Gudang Bumi Sari Lestari (BSL) Exportir Hortikultura di Jateng



Membangun kemitraan dengan para petani merupakan cara PT Bumi Sari Lestari untuk bisa memenuhi permintaaan ekspor. Komoditas hortikultura yang diekspor berupa sayuran dan buah-buahan.

Perusahaan eksportir ini berlokasi di Jalan Magelang-Semarang km 13, Soropadan, Pringsurat, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Berada bersebelahan atau satu lokasi dengan Balai Benih Tanaman Perkebunan Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah.

Artikel kali ini pun masih melanjutkan cerita saya ketika di awal bulan ini mengunjungi Soropadan Agro Expo 2019. Menurut saya akan sayang sekali kalau apa yang telah dilihat dan diketahui walaupun tak banyak, tak dituangkan dalam tulisan. Sehingga jika suatu saat saya membaca artikel ini bisa menjadi pengingat tentang tempat ini.

Setelah membeli beberapa mendoan panas yang baru selesai digoreng di stan Kabupaten Banyumas, saya masuk ke sebuah gudang. Gedungnya berdekatan dengan stan itu. Lumayanlah bisa dapat tempat yang tak panas. Diluar panas sekali siang itu. Bersyukur bisa duduk walaupun seadanya sambil menikmati mendoan nikmat dimakan dengan cabai rawit pedas.

Baca juga: 
> Tempe Mendoan Purwokerto, Gorengan Gurih Paling Enak Rasanya Nagih
> Ini Manfaat dan Informasi Penting yang didapat di Soropadan Agro Expo 2019



Selesai makan mendoan, untuk mengobati rasa penasaran, saya bertanya pada seorang perempuan yang kebetulan melintas didepan saya. Dia mengatakan para pekerja itu sedang mengemas ubi cilembu, kentang dan buncis yang akan diekspor ke Singapura. 

Indonesia adalah salah satu negara penghasil produk hortikultura terbesar di Asia Tenggara. Sedangkan PT Bumi Sari Lestari adalah salah satu exportir ke negara Singapura. Negara berlambang Merlion ini adalah pasar utama yang sangat tergantung pasokan kebutuhannya dari luar negeri karena tidak mampu memenuhi sendiri. Peluang inilah yang dimanfaatkan oleh perusahaan exportir ini.


Suasana gudang pengemasan PT Bumi Sari Lestari

Buncis pilihan yang sedang dikemas

Ubi Cilembu kualitas expor

Dengan menjalin kemitraan yang saling menguntungkan dengan para petani di Jawa Tengah. PT Bumi Sari Lestari berharap bisa memenuhi permintaan yang terkadang fluktuatif atau permintaan yang jumlahnya naik turun tak tentu. Juga berusaha membantu para petani untuk bisa menjaga atau meningkatkan kualitas yang sesuai dengan standar export, sehingga harga jualnya akan lebih tinggi dibandingkan jika dipasarkan di dalam negeri.

Baca juga:

Saat itu ada banyak sekali ubi Cilembu yang sedang dikemas. Sayangnya saya tidak mendapat informasi apakah ditanam di Jawa Tengah atau didatangkan dari tempat asalnya dari Jawa Barat. Namun tak masalah dari mana asalnya, semoga export hortikultura Indonesia bisa terus berkembang sehingga bisa semakin menyejahterakan para petani dan meningkatkan neraca perdagangan. Sektor pertanian maju Indonesia pun akan sejahtera dan makmur (helloiamaris.blogspot.com).