Kentang Goreng yang Renyah dan Gurih, Camilan Teman Bersantai


Image source: Pixabay.com

Arisarmu's Stories - Sebagai salah satu sumber karbohidrat, kentang seringkali dikonsumsi sehari-hari sebagai pengganti nasi dengan cara direbus, dikukus, dipanggang ataupun di goreng, bahkan bisa juga dibuat mashed potato, yaitu kentang setelah dicuci halus lalu dibuang kulitnya dan direbus, kemudian dihaluskan dan setelah itu kentang yang sudah lembut itu ditumis dengan mentega dan siap untuk disajikan.


Selain keripik kentang dengan beragam brand  yang iklannya sangat menggoda, olahan kentang yang cocok sebagai camilan ketika bersantai di rumah atau ketika sedang menonton drama Korea favorit adalah french fries  atau yang biasa kita sebut kentang goreng. Mungkin ini juga favorit anda para pembaca. Kalau saya sendiri tak akan menolak, apalagi kalau dikasih gratis hehehe. 

Dengan maraknya brand  makanan luar yang masuk ke negeri ini dan gerainya mudah ditemukan, terutama di kota-kota besar yang menawarkan menu cepat saji yang sangat menggoda selera, seperti burger dan fried chicken dan kentang goreng sebagai pelengkapnya, walaupun brand  luar tersebut sekarang sudah menjual nasi juga bahkan mengangkat makanan lokal Indonesia seperti paket sarapan nasi uduk. Sedangkan orang lokal sendiri sudah bisa menerima kentang sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi maupun sebagai camilan yang lezat.

Proses pembuatan chips atau french fries. Images via Pixabay.com

Proses pembuatan chips  atau french fries  tergolong simpel. Kentang dicuci bersih lalu dikupas kulitnya kemudian dipotong persegi panjang dan potongan itu ditaruh dalam baskom yang sudah diisi air agar warna kentang tidak berubah sampai semua kentang selesai dipotong. Setelah ditiriskan airnya, kentang yang sudah dipotong-potong itu digoreng. Umumnya menggorengnya dengan cara deep frying, digoreng dalam minyak banyak agar terendam semua, sehingga matangnya akan bersamaan dan warnanya akan sama dan keuntungan metode ini, kentang gorengnya tidak menyerap banyak minyak.

Ada seorang chef yang pernah memberi tip untuk hasil kentang goreng yang lebih enak yaitu dengan cara kentang setelah dipotong-potong lalu di goreng setengah matang atau tidak sampai matang lalu didinginkan dan kemudian disimpan disebuah wadah tertutup dan dimasukkan ke dalam lemari es, tapi kalau mau lebih awet ditaruh ke dalam freezer. Dan ketika pengin camilan tinggal di goreng lagi. Ini akan menghasilkan kentang goreng yang renyah, gurih dan enak. Tinggal ditaburi garam halus secukupnya sambil dibolak-balik biar rata. Kalau suka bisa dicoelkan  ke saos tomat atau saos cabe saja dan tentunya akan lebih nikmat. Tapi harus ingat juga dong, makannya tetap ada batasnya loh jangan berlebihan karena kebanyakan makan makanan yang digoreng juga tak baik bagi kesehatan.