Bunga Teratai (Water lily) Ternyata Beda Lho Dengan Lotus


Image via Pixabay.com

Helloiamaris - Tanaman air ada bermacam jenisnya. Berfungsi sebagai tempat berlindung binatang kecil maupun sebagai sumber makannya, dan bisa memberi keindahan pada tempat dimana mereka tumbuh.


Salah satu jenis tanaman air yang terkenal dengan bunganya yang cantik adalah teratai. Menurut Wikipedia, tanaman yang dalam bahasa Inggris dikenal sebagai water lily dengan nama latin Nymphaea, sedangkan lotus dari genus Nelumbo. Jadi keduanya berbeda kan?

Lotus bunganya tidak mengapung seperti halnya teratai namun terdapat di atas permukaan air. Sedangkan jenis warna kelopak bunganya terbatas, yaitu kuning, putih dan merah muda. Bandingkan dengan teratai yang lebih punya banyak warna lainnya, seperti warna merah dan ungu sedangkan kelopak bunganya agak runcing dan panjang. Namun di Indonesia tidak sedikit orang yang menyamakan lotus dengan teratai walaupun sebenarnya berbeda.

Image via Pixabay.com


Teratai dengan daun hijau yang mengapung di air, habitatnya di air yang tenang dan melimpah, seperti di kolam, pinggiran sungai yang airnya tenang dan telaga. Karena bunganya indah dan beraneka warna, teratai sering dimanfaatkan sebagai tumbuhan air penghias taman maupun teras rumah yang ditaruh di dalam pot yang tergenang air.

Mengutip dari laman gardenerdy.com, teratai yang dipercaya melambangkan cinta dan kehidupan, merupakan bunga nasional Bangladesh. Ini menegaskan bahwa banyak sungai yang mengalir di negara itu, dan bunga ini hampir digunakan dalam setiap upacara keagamaan. Teratai  juga di anggap bunga suci bagi pemeluk agama Hindu dan Budha.