Mana Yang Lebih Nikmat, Kopi Atau Teh?


Image via Pixabay.com

Pagi hari diawali dengan secangkir teh atau secangkir kopi untuk menyempurnakan sarapan menjadi suatu kebiasaan bagi sebagian orang.

Kopi dan teh keduanya merupakan minuman yang digemari banyak orang. Kafein yang terkandung pada minuman ini dipercaya bisa membangkitkan energi, menambah semangat dan konsentrasi.  Sehingga bagi sebagian orang minuman-minuman ini menjadi suatu kebutuhan dalam keseharian.

Teh bisa dikatakan sebagai minuman yang lebih umum dihidangkan jika ada tamu di rumah kita, ataupun pada suatu acara tertentu. Ini mengingat teh lebih bisa diterima oleh kebanyakan orang. Sedangkan kopi, tak semua orang suka meminumnya.



Minum teh menjadi lebih populer dengan adanya budaya morning tea dan afternoon tea. Walaupun sebenarnya bukan hanya teh yang dihidangkan. Ada juga kopi. Dua jenis minuman ini disajikan dengan gula pasir, susu maupun creamer dalam tempat yang terpisah. Sehingga bisa menyesuaikan dengan selera. Mau yang manis ataupun hanya dengan menambahkan susu cair atau creamer


Sedangkan budaya minum kopi juga semakin populer, terutama dikalangan anak-anak muda dengan menjamurnya kedai-kedai kopi. Penyuka kopi bisa memilih sesuai dengan selera. Mau kopi robusta maupun arabika. Jika lebih menyukai kopi arabika pun masih ada beragam pilihannya.

Ada yang menyukai teh dengan sedikit perasan lemon atau lemon tea. Teh akan terasa lebih menyegarkan, dan enak untuk diminum dalam keadaan hangat maupun dingin. Ada sebagian orang yang lebih menyukai minum teh seperti ini dibandingkan dengan teh plus susu.



Sedangkan sebagian penyuka kopi lebih memilih kopi tanpa tambahan gula, atau hanya dengan tambahan creamer saja. Menyesap kopi tanpa gula diyakini bisa merasakan kenikmatan minum kopi sesungguhnya, terutama untuk kopi jenis arabika yang kaya rasa.


Kalau ditanya mana yang lebih enak kopi atau teh? Menurut saya yang menyukai keduanya, ini tergantung dari situasi. Setiap hari saya minum, terkadang kopi tubruk hitam, kopi saset instan three in one yang ringan rasa kopinya, atau segelas teh. 

Walaupun menurut saya kopi dan teh sama nikmatnya, namun pada kenyatannya saya lebih sering minum kopi. Bagaimana dengan kalian sendiri? (helloiamaris.blogspot.com)