Yuk Belanja Sayur dan Buah Segar Murah di Pasar Tradisional Kopeng


Hawa sejuk dari sebuah desa yang bernama Kopeng di Kecamatan Getasan sudah tak asing bagi pengendara yang kerap melintasinya, terlebih bagi mereka yang sengaja ingin membeli sayuran dan buah-buahan segar.

Berada diketinggian 1500-1700 mdpl menjadikan desa yang berada di lereng gunung Merbabu menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup menarik di Kabupaten Semarang. Wisata bisa menawarkan keindahan alam, eksotisme budaya pedesaan, kelezatan kuliner lokal maupun wisata belanja hasil pertanian.

Jalan Raya Kopeng-Magelang merupakan jalur yang cukup ramai dilewati kendaraan. Ini menghubungkan kota Magelang dan Salatiga melewati lereng gunung Merbabu. Jadi jika melewati rute ini,anda akan disuguhi panorama pegunungan dan tentunya udara yang sejuk dan segar.


Selain itu hamparan luas lahan pertanian dengan aneka tanaman sayuran terkadang terlihat. Diselinggi dengan beberapa hotel dan penginapan serta penjual tanaman hias dipinggiran jalan. Juga kendaraan bak terbuka yang mengangkut hasil panen berupa sayuran sesekali melintas atau sedang berhenti di pinggir pasar. Itu semua menjadi pemandangan yang unik dan mengasyikkan yang menghiasi suasana di jalur ini.

Baca juga: Semangka Melon - Buah Manis Segar, Nikmatnya Menggugah Selera

Jika anda penghobi sayuran dan buah-buahan segar yang baru dipetik dari kebun, pasar Kopeng bisa menjadi tujuan wisata belanja anda yang menyenangkan. Asalkan bisa menawar dijamin akan mendaparkan harga yang murah. Lokasinya mudah dikenali karena berada di seberang pom bensin, atau di sebelah kiri jalan jika anda dari arah Magelang.




Beberapa bulan yang lalu, istri beserta ibu-ibu dasa wiswa belanja buah dan sayuran di pasar tradisional Kopeng. Itu setelah mereka mengunjungi tetangga yang pindah ke Somogawe yang tempatnya cukup dekat. Tidak lama kemudian istri, anak, dan kerabat ke pasar Kopeng itu lagi. Pulangnya membawa bermacam sayuran dan buah dengan harga yang murah, seperti buah naga, brokoli, kentang, waluh labu kuning dan lainnya.




Tentunya para perempuan pandai dalam menawar, tidak seperti saya hehehe. Sehingga ketika beberapa minggu yang lalu saya mampir juga ke pasar sayur dan buah Kopeng. Hanya sekedar mengobati rasa penasaran saya dengan situasi pasar itu. 

Jarak dari Hutan Pinus Kalipasang ke Pasar Sayur dan Buah Kopeng hanya 8.8 km dan bisa ditempuh berkendara selama 16 menit. Sekalianlah saya ke pasar ini setelah saya pulang dari hutan pinus itu. Rasa penasaranku terobati setelah bisa kesana dan mengambil beberapa foto yang menarik. Suatu saat lah dengan istri berbelanja sayuran dan buah-buahan di pasar tradisional Kopeng (helloiamaris.blogspot.com).