Semangka Melon - Buah Manis Segar, Nikmatnya Menggugah Selera

Image via Pixabay.com

Apakah anda penikmat buah semangka dan melon? Tentunya banyak yang sependapat bahwa jenis buah yang berair ini sangat cocok dihidangkan ketika cuaca sedang panas karena bisa menghilangkan dahaga dan menyegarkan tubuh.

Di musim kemarau seperti saat ini, suhu udara terkadang sangat panas melebihi hari-hari biasa. Jalanan berdebu dan polusi asap kendaraan membikin tubuh cepat lelah. Jika ini dibiarkan akan rentan terkena bermacam penyakit.

Buah sebagai sumber vitamin dan mineral sangat penting dikonsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh. Jika di hari yang panas terik, buah seperti pisang yang dihidangkan mungkin tak bakalan menggugah selera. Namun jika yang disuguhkan berupa semangka dan melon. Mmmm tak bakalan menolak lah.


Warna semangka yang merah dan warna melon yang putih kehijauan semakin menggugah selera. Keduanya nikmat disajikan sebagai buah segar yang dipotong-potong dan ditaruh diatas piring. Dan jika dibuat jus dan cocktail atau es buah akan semakin bertambah nikmat.



Sebelum kita lanjutkan membahas tentang ke dua buah ini, yuk kita baca apa yang dicatat oleh Wikipedia. Semangka (Citrullus lanatus) merupakan tanaman merambat yang masuk dalam anggota suku ketimun-ketimunan yang berasal dari benua Afrika bagian selatan. Tumbuh baik di tanah setengah gurun.


Sedangkan Melon (Cucumis melo) masih satu kerabat dan termasuk dalam suku labu-labuhan. Seperti halnya dengan semangka, melon juga merupakan tumbuhan menjalar namun tidak dapat memanjat. Buahnya besar di bawah. Sehingga kedua buah tersebut mudah  untuk dipanen.


Semangka/Melon - Image via Pixabay.com

Menurut pendapat saya, semangka dan melon merupakan jenis buah yang paling sering disajikan dalam resepsi pernikahan. Perpaduan warna yang kontras diantara merah dan putih kehijauan terlihat menarik. Sangat cocok sebagai pencuci mulut dan nikmat juga dikolaborasi dengan agar-agar dan es krim.

Baca juga: Alpukat Kalibening, Si Jumbo dari KT Ngudi Rahayu - Kabupaten Semarang

Melon beraroma harum dan buah ini pun manis seperti semangka, keduanya kaya kandungan vitamin C nya. Semakin terasa nikmat menyegarkan jika keduanya dimakan dalam keadaan dingin atau beberapa saat setelah dikeluarkan dari dalam lemari es.

Bagaimana dengan selera kalian, lebih suka semangka dan melon yang dimakan langsung atau dalam bentuk olahannya. Yuk berbagi pengalaman di kolom komentar, trimakasih (helloiamaris.blogspot.com).