Apakah Anda Penghobi Makan Buah?




Sungguh sangat beruntung kita tinggal di negara tercinta Indonesia ini yang indah, berlimpah kekayaan alamnya, serta hanya memiliki dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan. Serta dilalui oleh garis katulistiwa, sehingga tanaman dan pepohonan mendapat cukup sinar matahari untuk menghasilkan buah yang beraneka ragam.

Berbicara tentang buah, mengingatkanku ke masa SD dulu ketika guru disekolah mengajarkan tentang pentingnya mengkonsumsi makanan empat sehat dan lima sempurna. Buah yang masuk dalam kelompok empat sehat sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari dengan penjelasan ilmiahnya. Diharapkan kami sebagai anak-anak bisa mengerti akan pentingnya mengkonsumsi buah secara rutin dan bisa menjadi suatu kebiasaan dalam kehidupan kami.


Buah juga mengingatkanku akan pohon jambu biji yang tumbuh subur dan berbuah banyak di halaman belakang rumah masa kecilku di Purwokerto yang tak terlalu luas, namun mampu menyimpan banyak kenangan tentang pohon buah yang pernah kami tanam, baik yang langsung di tanam di tanah maupun di dalam pot, selain jambu biji yang berdaging buah putih yang manis juga jeruk nipis, pepaya maupun sawo berbuah lebat yang ditanam di dalam sebuah tong bekas.

Sebenarnya sudah dari hari sabtu kemarin saya dan istri saya pengin makan buah untuk seger-seger, karena kemarin udara di daerah kami super panas dan sayangnya penjual buah di mobil yang biasa mangkal di pinggir jalan di dekat rumah nggak jualan. Ada sih tetangga sebelah jualan pisang, walaupun salah satu buah favorit, namun nggak lah untuk saat itu.

Beruntung, hari minggu sepulang kami dari ibadah sekitar jam 10.30 mereka sudah berjualan lagi. Bermacam pilihan buah yang mereka atur sedemikian rupa di mobil pick up nya, seperti mangga, anggur, buah naga, semangka, jeruk, apel dan pir. Namun pilihan kami yaitu mangga, walaupun kadang jeruk, kami membeli 3 kg dengan harga perkilonya Rp 8.000. Rasa buah mangganya manis walaupun ada sedikit yang terasa agak masam. Habis memakannya badan ini jadi terasa segar.