Benarkah Kelinci Masih Populer Sebagai Hewan Peliharaan?


Banyak orang tertarik memelihara kelinci sebagai hewan peliharaan di rumah. Alasannya simpel karena hewan bertelingga panjang yang suka melompat ini mudah dipelihara, jinak, lucu, penurut dan lembut.

Hewan peliharaan merupakan teman bermain yang menyenangkan atau untuk sekedar dilihat keindahan bulunya atau suaranya yang merdu jika hewan itu burung. Ada yang lebih menyukai anjing atau kucing dengan berbagai argumen yang sesuai dengan situasi dan kondisi.

Sedangkan orang yang lebih tertarik memelihara kelinci, menurut pendapat saya karena mereka tak suka dengan kucing dan anjing. Logikanya memang begitu. Binatang karnivora tersebut bisa jadi sewaktu-waktu memangsa kelinci-kelinci kesayangan itu.

Sebagai hewan yang lucu dan menggemaskan, kelinci biasa ada di beberapa tempat wisata yang populer. Ada beberapa tempat wisata yang salah satu atraksinya adalah memberi makan kelinci. Pengunjung tinggal membeli wortel yang sudah disediakan, kemudian memasuki lokasi kelinci yang berpagar. Bisa memberi makan sambil berselfie dengan kelinci-kelinci yang imut. Seru sekali ya?



Di berbagai expo yang bertemakan pertanian, kelinci biasa dipamerkan dan dijual sebagai hewan peliharaan. Waktu di Soropadan Agro Expo 2019, harga satu ekor kelinci dijual mulai dari Rp.75 ribu. Jadi masih wajar kan? Dijual juga kandangnya namun saya lupa menanyakan harganya.

Baca juga:

Semasa kanak-kanak dan masih tinggal di Purwokerto, saya pernah pelihara bermacam hewan termasuk unggas. Namun semuanya tidak dalam waktu yang bersamaan. Salah satunya adalah kelinci. Bukan kelinci hias, kelinci pada umumnya atau kelinci lokal. 

Saya lupa darimana mendapatkannya. Mungkin almarhum bapak yang membawa pulang beberapa ekor kelinci. Dulu beliau adalah dosen fakultas peternakan di sebuah universitas negeri. Jadi wajar saja kalau di masa kecil saya juga dekat dengan bermacam jenis hewan. Kelinci yang lucu-lucu itu ada beberapa warna. Waktu itu saya memberi makan mereka rumput dan sayur-sayuran.

Ternyata hobi memelihara kelinci bukan sekedar selera musiman. Dari dulu sampai sekarang pun saya masih melihat orang pelihara kelinci untuk kesenangan. Sarana hiburan yang menyenangkan untuk menghindari stress dan juga cara berlatih menyanyangi sesama makhluk hidup.

Apakah kalian juga pernah pelihara kelinci sebagai hewan kesayangan? Share dong pengalamannya di kolom komentar. Trimakasih (helloiamaris.blogspot.com).