Pesparawi Salatiga 2019 - Mengintip Persiapan GKJ Salatiga Selatan


Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) tingkat Kota Salatiga akan digelar pada tanggal 10 September 2019. Persiapan sudah dilakukan oleh setiap peserta termasuk peserta paduan suara dari Gereja Kristen Jawa (GKJ) Salatiga Selatan.

Dengan persiapan yang sangat mepet, cuma sekitar dua bulan sebelum perlombaan. Disebabkan oleh sesuatu hal. Sedangkan kelompok paduan suara dari gereja-gereja lain sudah terbentuk lebih awal dan sudah lebih lama berlatih.

Ada yang mengatakan persiapan yang ideal untuk mengikuti kontes paduan suara selevel Pesparawi setidaknya butuh waktu sekitar 4 - 5 bulan. Sehingga dua kelompok paduan suara dari GKJ Salatiga Selatan berusaha memanfaatkan waktu yang ada secara maksimal.



Kategori Paduan Suara Dewasa Campuran (PSDC) dan Paduan Suara Pria (PSP) yang diikuti oleh Gereja Kristen Jawa (GKJ) Salatiga Selatan dalam menyambut Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi)  Kota Salatiga 2019. Ada dua lagu yang akan ditampilkan dalam ajang Pesparawi Kota Salatiga 2019. Satu lagu wajib dan satu lagu pilihan.
Perbedaan dari dua kategori paduan suara itu adalah: PSDC aransemen lagu-lagunya berstruktur Sopran, Alto, Tenor, dan Bas atau biasa disingkat dengan SATB. Sopran merupakan suara wanita tinggi, sedangkan Alto adalah suara wanita rendah. Suara pria yang tinggi adalah Tenor, sedangkan Bas adalah suara rendahnya. Sedangkan lagu-lagu untuk PSP sudah diaransemen khusus untuk suara pria. Terbagi menjadi Tenor 1, Tenor 2, Bas 1 dan Bas 2.

Saya sendiri tergabung dengan PSP. Saat ini kami berlatih dua kali seminggu sama halnya dengan mereka yang tergabung dengan PSDC. Dilatih oleh bapak Leo Agung Rupiyono, beliau merupakan dosen Fakultas Seni dan Pertunjukan di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) dan juga Majelis GKJ Salatiga Selatan.

Baca juga: Workshop Membatik 'Ecoprint', ide kreatif Wamuda GKJ Salatiga Selatan

Terakhir kami berlatih hari rabu malam, menggantikan yang sebelumnya hari selasa, ditambah dengan hari minggu malam. Ada kemajuan dalam jumlah personil. Sekarang jumlahnya bisa sedikit melampaui dari minimal 15 anggota dalam PSP. Itu pun ada sebagian anggota yang merangkap di PSDC.

Dalam latihan paduan suara, apalagi untuk mengikuti Pesparawi, sangat diperlukan komitmen dalam berlatih. Harus diakui tidaklah mudah karena tiap-tiap anggota dalam paduan suara ini pun mempunyai kesibukan masing-masing. Terkadang tidak bisa untuk ditinggalkan begitu saja, seperti urusan pekerjaan, kuliah maupun kegiatan di lingkungan RT menjelang perayaan HUT RI.

Kami dalam kelompok PSP juga sudah berlatih untuk lagu pilihan yang tingkat kesulitannya dibawah lagu wajib. Sungguh menyenangkan bisa berlatih dengan anggota yang lengkap. Kekompakan dan harmoni bisa lebih mudah didapat. Juga mempermudah pelatih untuk menilai sampai seberapa kemampuan kami.

Baca juga: Senam Bersama dan Family Games - GKJ Salatiga Selatan

Walaupun masih lebih banyak menyanyikan not angkanya, namun semoga dengan berlatih lebih tekun Paduan Suara Pria (PSP) dan Paduan Suara Dewasa Campuran (PSDC) GKJ Salatiga Selatan bisa benar-benar siap dan membawakan semua lagu dengan baik. Bukan semata mengejar penghargaan atau pujian. Sebab berpartisipasi dalam ajang Pesparawi merupakan salah satu wujud persembahan pujian kepada Tuhan yang kami imani (helloiamaris.blogspot.com).