Senam Bersama dan Family Games - GKJ Salatiga Selatan



Arisarmu's Stories - Seperti tahun-tahun sebelumnya, untuk menyambut Masa Pra Paskah (MPP), Gereja Kristen Jawa (GKJ) Salatiga Selatan mengadakan kegiatan Senam Bersama dan Family Games.



Pada hari rabu tanggal 3 April 2019, atau hari ini ketika artikel ini ditulis. Panitia MPP GKJ Salatiga selatan mengadakan kegiatan Senam Bersama dan Family Games di halaman SMA Kristen 2 Salatiga yang lokasinya kebetulan berdekatan dengan gereja. Sekitar 250 orang warga mengikutinya dihitung dari jumlah konsumsi yang dipersiapkan oleh panitia yang saat ini dipegang oleh blok Tegalrejo Permai  (TP). Sebagian peserta juga berasal dari ketiga pepantan GKJ Salatiga Selatan, yaitu Ngasinan, Sruwen dan Pranggen. Acara dibuka dengan melakukan senam bersama pada pukul 07.00 WIB setelah didahului dengan memanjatan doa.


Acara kali ini nampaknya sedikit berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yang ada jalan santai keliling sekitar gereja, walaupun begitu tak mengurangi antusias jemaat untuk bersenam dengan semangat mengikuti irama lagu yang dipandu oleh dua orang instruktur wanita. Salah satu intruktur terlihat sangat bersemangat sekali. Sepertinya saya pernah liat beliau sebelumnya di lapangan Pancasila sedang memandu senam juga. Namun ada juga sih beberapa jemaat yang tak ikut senam, yaitu beberapa ibu dari wilayah Tegalrejo Permai (TP) yang menyiapkan konsumsi, maupun mas Heru yang senantiasa mengabadikan setiap momen dengan kameranya sehingga nantinya bisa menjadi dokumen gereja. Beberapa remaja di depan gerbang masuk  yang menangani kehadiran jemaat. Yang tak ikut senam juga saya sendiri, ah biasa seorang narablog atau biasa disebut blogger selalu punya alasan yang masuk akal untuk mengganti kata malas senam hehehe. Khan boleh dong saya bilang untuk meliput, sayang kalau momen ini terlupakan begitu saja, dan semoga artikel yang asal nulis ini bermanfaat bagi anda pembaca setia blog ini maupun bagi anda yang tak sengaja tersesat di blog ini.

Senam bersama tak berlangsung lama, mungkin sekitar satu jam atau bahkan kurang, saya lupa tak mencatatnya. Namun pesertanya terlihat berpeluh saking semangatnya menggerakkan tubuh mereka, sampai musik berganti irama lambat sebagai penanda saatnya untuk cooling down  atau pendinginan dengan melakukan peregangan mengikuti irama musik pelan. Dan akhirnya selesailah senamnya. Mereka terlihat masih semangat khan untuk meneruskan acara ini. Lihat wajah-wajah ceria di bawah ini.





Setelah senam bersama selesai,  kami semua menikmati bubur kacang hijau hangat, termasuk saya juga yang tidak senam hehehe. Bubur yang tak terlalu manis dengan tambahan sedikit gula merah dan gula pasir, santan dan juga jahe terasa nikmat menyegarkan. Selain itu panitia juga menyediakan Nasi Gudangan Special, yang terdiri dari nasi putih, gudangan (urap sayuran dengan kelapa parut dibumbui), ayam goreng (ada juga yang pakai hati ayam goreng), tempe goreng, telur rebus yang sudah dibelah, ketimun dan gereh (ikan asin). Saya sangat setuju sekali bu Ogha menamainya Nasi Gudangan Spesial
karena rasanya sungguh spesial, pengin sih sebenarnya nambah satu porsi tapi malu ah hehehe.


Nasi Gudangan Spesial


Sebenarnya ada beberapa Family Games namun saya hanya akan mengulasnya satu yang ada fotonya dibawah ini. Saya tak tahu namanya apa, tapi terlihat cukup menarik dan  melatih kekompakkan dan yang terutama dan yang terpenting adalah sebagai sarana mengakrabkan jemaat.



Permainan ini dimulai dengan memecahkan balon dengan menekannya di tengah-tengah perut dua peserta, setelah pecah salah satu yang membawa tongkat menyerahkan ke temannya yang dari tadi sudah menunggu. Setelah menerima tongkat dia lalu memasukkan benang ke jarum, setelah berhasil lantas dia menyerahkan tongkat yang tadi ke empat orang teman lainnya yang sedang membawa bola plastik di atas cawan plastik yang ditarik tali. Harus penuh konsentrasi biar bolanya tidak jatuh. Lalu mereka berjalan ke arah temannya yang sudah menunggu dan menyerahkan tongkat yg mereka bawa. Empat orang terakhir mengisi air dari atas kepala tanpa menoleh ke belakang dan orang yang dibelakang menerimanya dan seterusnya sampai orang ke empat atau yang terakhir. Inilah rangkaian estafet dalam satu group. Kelompok yang tercepat dinyatakan sebagai pemenangnya.

Keseruan Family Game


Acara Senam Bersama dan Family Games dalam rangka Masa Pra Paskah semakin meriah dengan adanya door prize yang menyediakan bermacam hadiah sumbangan dari tiap-tiap wilayah maupun dari perorangan. Mulai dari beras, minyak goreng, setrika listrik, kipas angin bahkan mesin cuci dan masih banyak hadiah lainnya. Acara selesai sekitar pukul 09.30 WIB yang ditutup dengan doa oleh ketua majelis GKJ Salatiga Selatan Bapak M Haryanto.

Mas Anang dan mas Yitno sedang sibuk membagi door prize.