Bolang Baling dan Cakwe Camilan Lezat yang Merakyat



Arisarmu's Stories - Roti goreng yang manis dan gurih ini berasal dari China yang populer di kalangan masyarakat karena kelezatannya dan juga harganya yang tak menguras kantong.


Bolang baling dan Cakwe tentunya penganan yang tak asing lagi bagi kita karena hampir ada dimana-mana. Ini tentu saja hanya pendapat pribadi saya saja karena belum berkeliling ke seluruh pelosok negeri ini yang terkenal dengan kekayaan alam yang indah dan budaya daerahnya yang eksotik serta kuliner tradisionalnya yang terkenal lezat. Namun dari hasil googling di internet, banyak artikel yang membahas tentang dua kudapan ini sehingga bisa menjadi acuan akan kepopulerannya dikalangan pecinta jajanan tradisional.

Hari rabu kemarin setelah dibilik suara kami mencoblos calon Presiden dan Wakil Presiden serta calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Daerah untuk masa lima tahun ke depan yang dipercaya bisa membawa aspirasi suara rakyat dan memimpin negeri ini untuk lebih maju lagi. Belajar dari pengalaman pemilu sebelumnya, kami datang ke tempat pemungutan suara (TPS) sekitar jam 10.00 untuk menghindari antrian yang panjang. Ternyata benar juga, tak sampai 15 menit selesai sudah kami ikut ambil bagian dalam pesta demokrasi lima tahunan ini.

Pulangnya kami sempatkan untuk membeli jajanan murah meriah buat ngemil dirumah sambil menunggu quick count di televisi yang rencananya akan diumumkan pada pukul 15.00 WIB. Kami berhenti di gerobak penjual Bolang Baling dan Cakwe dengan harga @Rp.1000;

Tapi tak usah ditanya penjualnya sudah nyoblos di TPS atau belum ya karena saya pun tak tertarik untuk mengamati jari-jari tangannya apa ada yang berwarna ungu tercelup tinta. Saya hanya fokus memotret mencari gambar yang pas untuk postingan artikel di blog kesayangan ini. Sedangkan istri saya menunggu si penjual memasukkan Bolang Baling dan Cakwe kedalam plastik dan kemudian di dobel lagi dengan tas kresek hitam.

Bolang Baling dan Cakwe

Setelah dibukanya Klinik Sehat, ternyata telah membawa berkah bagi warung-warung di samping ataupun didekatnya yang menjual mie ayam bakso maupun seblak, juga pedagang makanan dan minuman kaki lima, seperti martabak, dawet, dan lainnya termasuk Bolang Baling dan Cakwe turut merapat mengharap bagian rejeki. Selain pasien Klinik Sehat, para pengendara yang lewat pun memanfaatkan tempat ini sebagai pemuas perut yang bernyanyi.

Cakwe dengan rasa sedikit asin dan gurih biasa sebagai campuran bubur ayam dengan dipotong-potong kecil, untuk menambah kaya rasa bubur ayam yang nikmat disantap dipagi hari. Sedangkan Bolang Baling bertabur wijen dengan rasa manis menghadirkan rasa yang kontras. Sehingga kedua-duanya wajib dibeli jika ingin menikmati jajanan lezat dengan harga yang merakyat.