Apa Sih Yang Menarik Dari Pantai Nipah, Lombok?



Arisarmu's Stories - Tidak jauh dari pantai Senggigi, hanya berjarak sekitar 8.3 km ke arah utara yang jika ditempuh berkendara membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit. Anda bisa mencapai pantai Nipah. Salah satu pantai di pesisir barat pulau Lombok yang tetap memikat wisatawan untuk datang berlibur disana.

Sejak dibangunnya Bandara Internasional, pariwisata di Lombok semakin berkembang maju tak lagi tergantung limpahan tourist dari Bali. Pelaku wisata disana pun cerdas dalam mempromosikan potensi wisata alam dan budaya yang ada menjadi sebuah nilai lebih yang tidak dipunyai di Bali dengan mengklaim bahwa jika wisatawan datang ke Lombok akan juga menemukan nuansa Bali. Sedangkan mereka yang berlibur ke Bali tak akan menemukan suasana Lombok disana. Anggapan tersebut sebagian ada benarnya juga. Setelah meletusnya gunung Agung di Bali, banyak penduduk yang mengungsi ke Lombok, dan mereka menetap sampai sekarang. Jadi banyak perkampungan Bali. Sehingga banyak dijumpai pura sebagai tempat ibadah umat Hindu.

Pantai Nipah yang terletak di Malaka, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, NTB, berada di sebelah kiri jalan dari desa wisata Senggigi yang telah dikenal lama sebagai tempat tujuan wisata dengan fasilitas hotel-hotel berbintangnya. Dan pantai Nipah terlihat jelas dari jalan Raya Senggigi-Pemenang menuju ke pelabuhan Bangsal yang akan mengantar wisatawan ke tiga gili yang menjadi tempat tujuan wisata favorit tourist asing yang bereputasi internasional yaitu Gili Meno, Gili Air dan Gili Trawangan. Sehingga jalur ini tak pernah sepi dari aktivitas para wisatawan baik wisatawan asing maupun domestik. Imbas positifnya para pelancong melirik pantai Nipah sebagai salah satu wisata pantai yang cukup menarik untuk dikunjungi.

Pantai Nipah


Penduduk lokal turut merasakan sisi positif dari berkembangnya pariwisata di kawasan tersebut, khususnya dengan pantai Nipah yang dilirik wisatawan dengan mendirikan warung-warung ikan bakar segar yang beroperasi di pinggir jalan maupun di tepi pantai.
Juga pemandangan dari perahu-perahu nelayan yang merapat di bibir pantai semakin menegaskan bahwa pantai ini memang menyediakan menu ikan bakar segar.

Walaupun cuma sebentar saya beruntung bisa singgah di pantai ini dan merekamnya dalam wujud foto. Seperti kebanyakan pantai-pantai di Lombok yang tidak dikenakan tiket masuk. Berdasarkan hasil googling di internet hanya dipungut biaya parkir, sepeda motor sebesar Rp 3000 sedangkan mobil Rp. 5000. Namun saya sendiri ketika berada di sana tak menjumpai petugas parkir, sehingga saya tak perlu membayar. Kesimpulannya, walaupun pantai Nipah tidak terlalu spesial namun alangkah sayangnya jika anda sudah berada di Senggigi kalau tak singgah di pantai itu.