Nikmatnya Nasi Bebalung, Menyegarkan dan Bikin Hangat Tubuh



Arisarmu's Stories - Siapa sih yang nggak suka wisata kuliner? Saya yakin tentunya hampir semua sahabat pembaca yang biasa singgah di blog sederhana ini,  maupun yang pernah beberapa kali, bahkan mungkin baru pertama kali tersesat ke blog ini akan menghiyakannya.


Ketika seseorang maupun sekelompok orang ketika melakukan suatu perjalan, baik itu urusan pekerjaan, wisata atau ada suatu keperluan lainnya. Makan dan minum merupakan suatu kebutuhan yang mutlak. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan primer tersebut, acara makan akan diagendakan. Bisa membawa bekal dari rumah, seperti nasi kotak beserta jajanan. Namun jika ingin lebih praktis, mampir di sebuah rumah makan merupakan suatu opsi yang biasa dipilih.

Ketika opsi yang terakhir dipilih. Apakah acara makan hanya sekedar rutinitas sebagai penghilang rasa lapar semata? Kalau memang itu tujuannya, tinggal pesan menu yang biasa kita makan di daerah asal kita. Toh setelah itu rasa lapar akan terpuaskan. Namun jika makan tidak semata hanya sekedar melampiaskan rasa lapar kita, lalu kenapa tidak sekalian wisata kuliner. Sehingga kita bisa lebih mengenal budaya suatu daerah yang sedang kita kunjungi lewat cita rasa masakannya yang barangkali ada perbedaan dari bahan baku, bumbu, maupun cara pengolahannya.

Jadi jika anda berwisata ke Lombok, jangan lupa mencicipi kuliner-kuliner khasnya. Kalau tidak ingin menyesal karena Lombok terkenal dengan kelezatan  makanan lokalnya. Salah satunya adalah Bebalung. 

Bebalung adalah bahasa sasak yang berarti iga sapi. Jadi saya sangat beruntung ketika di Lombok sempat merasakan nikmatnya makan nasi Bebalung  atau  Sup Iga Sapi yang bahan dasarnya terbuat dari iga sapi direbus dengan tambahan bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, lengkuas, garam, merica, dan tentunya daun asam dan belimbing wuluh untuk memberikan cita rasa agak kecut yang menjadi ciri khas dari kuliner yang satu ini. Sebelum disajikan ditaburi dengan irisan seledri dan bawang goreng.

Nasi Bebalung  akan terasa lebih nikmat jika ditambah dengan sambal dan menyantapnya ketika cuaca dingin karena akan menghangatkan tubuh dan menambah tenaga. Harganyapun terbilang wajar, satu porsi dengan nasi seharga Rp. 30.000. Masih wajar khan harganya?

Bebalung