Inilah Alasannya Kenapa Orang Suka Berlatih Yoga



Photograph: Pixabay


Arisarmu's Stories - Bagi sebagian orang berlatih Yoga merupakan suatu aktifitas yang tak hanya menyehatkan namun juga menyenangkan bahkan melebihi kegiatan olahraga lain pada umumnya, dan akhir-akhir ini peminat Yoga semakin bertambah, didukung dengan pesatnya teknologi informasi sehingga orang bisa berlatih sendiri lewat tutorial di Utube. Jadi sebenarnya apa sih yang jadi daya tarik Yoga?

Yoga yang berasal dari India merupakan sebuah aktifitas fisik yang menggabungkan keselarasan antara tubuh dan jiwa dengan melakukan beragam jenis latihan dengan penuh kedisiplinan yang melibatkan serangkaian gerakan,  olah pernapasan dan meditasi, sehingga fleksibilitas tubuh akan meningkat, juga pikiran akan menjadi tenang dan pada akhirnya racun-racun di tubuh akan keluar dan menjadikan tubuh terasa bugar dan bahkan bisa mengatasi beberapa masalah kesehatan, seperti sulit tidur, stres, tekanan darah tinggi, gangguan pencernaan, kekakuan dan pegal-pegal di otot dan lainnya.

Dimasa remaja saya dan sampai masa kuliah di Semarang dulu, rasa penasaran saya dengan Yoga akhirnya terjawab setelah membeli beberapa buah buku tentang Yoga sebagai sumber informasi yang ada satu-satunya pada waktu itu dan mengikuti tutorialnya. Namun saran saya jika anda tertarik, berlatihlah dengan ahlinya yaitu pelatih Yoga yang berpengalaman untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan atau cidera. Manfaat yang saya dapatkan saat itu adalah badan terasa lentur dan bugar. Namun salah satu alasan yang menghentikan saya berlatih Yoga adalah alasan klasik, yaitu kemalasan. Seperti yang kita tahu dan mungkin pernah anda alami sendiri, jika kita berhenti melakukan sesuatu hal dalam kurun waktu tertentu, maka memulainya lagi akan sulit. Tapi mungkin juga setelah menulis artikel ini, timbul ketertarikan saya untuk berlatih Yoga lagi. Hehehe.

Ada beberapa jenis Yoga, namun hanya tiga yang akan saya bahas di sini, yaitu Yoga Asanas, Yoga Pranayama dan Kundalini.


Yoga Asanas


Yoga Asanas memfokuskan pada olah tubuh, dengan melakukan berbagai macam posisi tubuh yang masing-masing mempunyai manfaat yang berbeda, sambil menarik napas panjang dan halus. Ada juga gerakan yang diselingi dengan menahan napas sambil berkonsentrasi pada satu titik. Saat terbaik melakukan Yoga Asanas adalah setelah bangun tidur di pagi hari ketika udara masih sejuk dan segar dalam kondisi perut yang masih kosong tentunya.

Salah satu posisi Yoga Asanas yang mudah dilakukan adalah Bhujangasana  (posisi kobra). Ini bermanfaat untuk menyehatkan organ pencernaan,  serta menghilangkan kekakuan di punggung bawah dan mengatasi gangguan konstipasi. Sedangkan salah satu posisi yang tersulit adalah Sirsasana (posisi kepala di bawah, kaki di atas). Ini membantu mengalirkan oksigen dan darah ke otak sehingga akan menguatkan daya pikir dan menyehatkan otak. Posisi ini sangat berbahaya jika tidak dilakukan dengan benar karena beresiko pembuluh darah otak pecah.

Bisa dikatakan Yoga Asanas merupakan yang paling populer saat ini diantara lainnya, bahkan beberapa kelas Yoga ini maupun individu melakukannya di tempat-tempat wisata yang terkenal dan dengan bangga meng upload nya di jejaring sosial mereka. Ini nampaknya menjadi sebuah rekreasi yang sangat menyenangkan dan menyehatkan.



Yoga Pranayama

Yoga Pranayama yaitu jenis Yoga yang memfokuskan pada olah napas yang bisa dilakukan dalam beberapa posisi - - berdiri, berbaring maupun duduk bersila dengan posisi yang terkenal yang dinamakan Padmasana  atau Bunga Teratai  yang merupakan sikap duduk bersila yang terbaik untuk melakukan meditasi karena punggung akan jadi tegak sehingga akan membantu proses pernapasan dengan baik.

Ajaran Yoga mempercayai bahwa alam semesta mempunyai zat yang bermanfaat bagi manusia yang dinamakan Prana. Untuk mendapatkannya hanya dengan melakukan teknik pernapasan tertentu, yaitu keseimbangan antara hitungan dalam menarik napas, menahan napas, dan mengeluarkan napas sambil menjaga konsentrasi pada satu titik tertentu sambil merasakan aliran Prana  yang masuk ke dalam tubuh.

Jika Prana  didapat , dipercaya bisa memberikan manfaat bagi kesehatan, untuk menyembuhkan berbagai penyakit, bahkan seorang praktisinya bisa mendapatkan kekuatan supra natural, karena menurut keterangan dari sebuah buku yang pernah saya baca, seorang Master Yoga Pranayama dikatakan bisa bernapas yaitu proses mengambil dan mengeluarkan  oksigen melalui pori-pori kulitnya. Atau istilah populernya, seorang Yogi bernapas melalui kulitnya. Namun menurut saya semua ini masih memerlukan sebuah penelitian yang mendalam untuk bisa mempercayainya dan menyimpulkannya secara rasional.

Kundalini

Kundalini  dikatakan sebagai Yoga tingkat tinggi yang menjelaskan bahwa tubuh manusia mempunyai tujuh buah Cakra. Kundalini  merupakan cakra dasar berwujud ular melingkar yang sedang tidur yang terletak ditengah-tengah antara dubur dan kemaluan. Jika dibangkitkan dari tidurnya dengan latihan-latihan spiritual tertentu akan mengalir berupa hawa panas menuju dan menyatu dengan Cakra  ke tujuh yang berada di puncak kepala. Kemudian praktisi Yoga Kundalini akan mengalami keadaan Samedi  yaitu meditasi yang sangat dalam dan tubuh terasa melayang dalam suasana yang sangat hening, dengan indra ke enam mengambil alih panca indra yang lain sehingga dalam keadaan Samedi  seseorang tidak akan terbangun dengan suara sekeras apapun didekatnya. Menurut sebuah buku yang pernah saya baca, Yoga Kundalini  banyak dipraktekkan oleh para Master Yogi  di lereng pegunungan Himalaya yang sedang menjauhkan diri mereka dari unsur-unsur keduniawian. Selain itu tenaga dalam Kundalini  dikatakan bisa untuk memanggil orang lain dari jarak jauh tanpa perlu beranjak dari tempatnya dan orang yang dipanggil akan merasakan dorongan yang sangat kuat untuk segera menemui orang yang memanggilnya dengan kekuatan Kundalini  tersebut.

Inilah sekilas tentang Yoga yang saya ketahui, tentunya tiap-tiap orang termasuk anda punya penafsiran sendiri yang tak harus sama serta motivasi yang berbeda jikalau berminat ataupun mungkin saat ini sudah aktif berlatih Yoga baik untuk menjaga kebugaran tubuh, menjaga berat badan yang ideal, penenangan jiwa, mengobati masalah kesehatan maupun motivasi lainnya yang tentunya anda sendiri yang lebih tahu mana yang terbaik bagi kebahagiaan anda.