Seperti Apakah Kursus Gitar Klasik?




Gitar tak bisa dipungkiri merupakan alat musik yang paling populer jika dibandingkan dengan alat musik lainnya sehingga banyak anak-anak maupun remaja yang berminat untuk mempelajarinya, baik itu belajar otodidak dengan membeli buku teori dasar bermain gitar, atau melihat tutorialnya di utube maupun mendaftar di kursus musik.

Jika kamu ternyata lebih berminat untuk belajar gitar klasik dan berniat untuk mendaftar di sebuah tempat kursus gitar. Artikel ini setidaknya bisa memberi gambaran secara umum tentang materi apa yang kira-kira akan kamu pelajari serta kendala apa yang mungkin akan dihadapi dan cara apa yang harus kamu tempuh agar bisa sukses sebagai pemain gitar klasik agar biaya les yang telah kamu bayarkan nggak sia-sia.


Sebenarnya seperti apakah belajar gitar klasik itu? Mungkin ada diantara kamu yang masih bingung. Dalam tulisan kali ini saya hanya berusaha menjelaskan sebatas apa yang saya ketahui karena saya sendiripun hanya sekedar bisa memainkan gitar yang dulu waktu SD, saya lupa kelas berapa, pernah menjadi "kelinci percobaan" oleh kakak laki-laki saya yang usianya lima tahun lebih tua dari saya yang saat ini berprofesi sebagai seorang dosen dan pernah kursus gitar klasik. Beliau sendiri yang mengajari saya membaca notasi balok seperti gambar diatas. Artikel ini juga bisa diartikan sebagai ucapan terimakasih saya padanya karena telah memperkenalkan musik pada saya.

Karena pelajaran gitar klasik seluruh materi ditulis dalam notasi balok, maka kamu harus secepatnya menghapal nama-nama not tersebut dan mengetahui letaknya. Selain itu pelajaran gitar klasik meliputi seluruh jari tangan dan kendala awal yang dihadapi adalah kekakuan jari-jari tersebut. Sehingga kamu wajib melatih kelincahan jari-jari itu setiap hari, misalnya dengan memainkan tangga nada. Selain kedua hal diatas, yang juga sangat penting adalah belajar menghitung tempo dengan tepat. Ini menurut saya merupakan hal yang tersulit, dan yang terakhir yaitu belajar memainkan dinamika dengan benar seperti keras lembutnya lagu.

Belajar gitar klasik hanya membutuhkan ketekunan dan kedisiplinan saja karena semua materi pelajaran dengan bermacam tehnik sudah tertulis dalam notasi balok tinggal memainkan sesuai aransemennya saja, dan melakukan repetisi atau pengulangan sebanyak mungkin maka kamu akan menjadi mahir.  Inilah gambaran secara umum yang saya ketahui. Selamat berlatih. Semoga sukses.