Apakah Kamu Pernah Pelihara Kelinci?



Source: Pixabay.com

Berbicara tentang kelinci, dalam ingatan saya hanya ada dua hal yang mengesankan, yaitu sate kelinci yang lezat dan kelinci sebagai hewan peliharaan yang menggemaskan. Dalam artikel kali ini saya hanya ingin sedikit bercerita tentang kelinci sebagai hewan peliharaan yang bisa menjadi teman bermain diwaktu senggang.

Masa kecil seharusnya menjadi masa yang penuh kebahagiaan bagi anak-anak karena saat itulah mereka sedang dalam masa pengenalan dan pembelajaran tentang hal-hal yang baru disekitar lingkungan mereka, termasuk mengenal lebih mendalam tentang mahluk hidup disekitar mereka. 

Hewan peliharaan bisa menjadi opsi yang menarik bagi anak-anak untuk belajar berempati dengan mahluk hidup. Dari beberapa jenis hewan yang menarik untuk teman bermain, kelinci nampaknya menjadi salah satu pilihan. Tampangnya yang imut sehingga banyak digemari sebagai hewan peliharaan di rumah.

Sebagai hewan mamalia kelinci termasuk mudah untuk dipelihara dengan dibuatkan kandang dari kawat, atau dari bambu dan terkadang dilepas dihalaman sekitar rumah yang telah dipagar sehingga mereka tak sampai pergi jauh. Sedangkan makanan kelinci bisa berupa sayuran, seperti wortel, kol, kangkung dan rumput yang gampang untuk didapatkan.


Ketika saya masih SD dulu, dibelakang halaman rumah kami sempat menjadi arena bermain bagi beberapa ekor kelinci lokal yang lucu. Sehingga ketika pulang sekolah sebagian waktu saya luangkan untuk bermain dan memberi makan kelinci-kelinci tersebut yang punya beragam warna, yaitu putih, coklat, paduan hitam dan putih. Binatang bertelinga panjang dan suka melompat itu terlihat sangat menggemaskan sehingga menggodaku untuk menggendong dan membelai bulunya yang halus. Sering mereka menggali lobang di tanah untuk rumah mereka walaupun saya sudah "membuatkan" mereka kandang dari susunan genteng dan atap dari kayu di pojok rumah, namun naluri mereka sebagai binatang yang suka menggali tanah tak berubah. Sehingga halaman belakang rumahpun banyak berlobang. Kapanpun teringat momen masa kecil dulu sangatlah menyenangkan hati ini.

Jika kamu pernah pelihara kelinci. Silahkan tulis pengalamanmu di kolom komentar. Trimakasih.