Ini Alasannya Kenapa Wisata Pantai Pilihan Yang Menarik





Helloiamaris - Ketika liburan sudah dekat, ada beberapa alternatif untuk dipilih. Tentunya  tempat rekreasi yang bagus, menyenangkan dan mudah diakses tanpa membutuhkan terlalu banyak energi untuk menjangkaunya. Jadi bisa diikuti oleh seluruh anggota keluarga, dari anak-anak yang masih balita, orangtuanya maupun kakek neneknya. 

Dan bagi muda-mudi yang sedang kasmaran, pantai juga merupakan salah satu tempat wisata yang diminati sebagai pelengkap cerita dalam lembaran kisah kasih mereka berdua. Selain itu pantai kerapkali dipilih sebagai destinasi ideal pelepas penat dan relaksasi setelah sekian lama terkungkung dalam rutinitas keseharian yang menjemukkan.

Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki garis pantai yang sangat panjang. Sehingga tak terhitung berapa banyak pantai yang ada. Mulai dari yang sudah dikembangkan sebagai tempat wisata yang resmi dikelola oleh pemerintah daerah maupun swadaya masyarakat setempat yang peduli wisata.  Selain itu ada juga pantai-pantai yang masih perawan dan tersembunyi, butuh nyali yang tebal maupun fisik yang prima untuk berjalan kesana, sehingga hanya petualang sejati yang punya niat mengeksplorasinya. Namun semua pengorbanannya akan terbayarkan setelah sampai di pantai yang eksotis, menyehatkan mata.

Di artikel kali ini saya tidak berniat untuk mengulas tentang pantai yang tersembunyi itu, namun pantai secara umum yang mudah diakses. Ini menjadi alternatif pertama sebagai tempat berlibur yang lebih mempunyai daya tarik dibandingkan dengan wisata alam lainnya;  seperti wisata pegunungan maupun wisata air terjun. Mengunjungi keduanya butuh ketahanan fisik yang baik.  Biasanya perjalanan menuju lokasi tersebut akan melalui jalanan menanjak maupun menurun yang terkadang cukup ekstrim.


Biasanya di musim liburan pantai-pantai yang populer akan dibanjiri oleh pengunjung. Minat berwisata ke pantai tak pernah surut. Sebenarnya apa yang bisa ditawarkan dari sebuah pantai. Relaksasi dengan berjalan dengan kaki telanjang di pantai, merasakan lembutnya pasir pantai dan membiarkan air laut membasuh kaki serta kesegaran angin laut.  Sungguh itu semua merupakan suatu sensasi yang sangat menyenangkan. 

Belum lagi fasilitas olahraga air yang tersedia disebagian pantai turut meningkatkan kepuasan pengunjungnya; seperti berenang, snorkeling and canoeing, bahkan membuat istana pasir pun merupakan kepuasan tersendir bagi anak-anak. Dan sebagian pantai juga sering digunakan sebagai tempat berkemah oleh sekelompok pemuda yang ingin merasakan sensasi bermalam di pantai. Yang juga tak kalah pentingnya, perpaduan nikmatnya air kelapa muda dan kelezatan kuliner laut yang tersedia di warung-warung pinggir pantai semakin menambah  daya tarik wisata pantai.