Bagi Penyuka Warna Biru Wajib Baca Ini

Photo via Pixabay


Arisarmu's Stories - Biru merupakan warna yang banyak digemari dan mudah dijumpai dimana-mana, dan mungkin juga yang sering kamu kenakan sehari-hari.

Namun warna biru secara relatif merupakan penemuan modern. Para seniman di jaman pra-sejarah masih asing terhadap warna yang satu ini. Kamu tidak akan menjumpai warna biru langit di lukisan di dalam goa. Bangsa Yunani kuno tidak punya kata untuk menyebut biru seperti yang kita ketahui saat ini.

Bangsa Mesir kuno merupakan satu-satunya yang mempunyai kata untuk menyebut warna biru yang jarang ditemukan pada makhluk hidup -- hanya ada sedikit binatang, buah-buahan dan sayuran yang berwarna biru. Awal mula cat pewarna hanya membatasi pada warna bumi -- merah, coklat, kuning, hitam. Sedangkan warna biru hanya muncul ketika bangsa Mesir mulai menambang dan menemukan lapis lazuli, batu permata langka. Dahulu batu ini digunakan untuk menghias makam firaun dan mata Cleopatra.

Biru adalah warna langit dan laut. Warna ini sering diasosiasikan dengan kedalaman dan stabilitas. Juga melambangkan kepercayaan, loyalitas, kebijaksanaan, kepercayaan diri, kecerdasan, iman, kebenaran dan surga.

Warna biru juga dianggap memberikan manfaat pada pikiran dan tubuh serta memperlambat pencernaan dan bisa memberikan efek menenangkan. Warna biru juga sebagai simbol kesalehan dan ketulusan.

Kamu bisa menggunakan warna biru untuk mempromosikan barang dan jasa yang berkaitan dengan kebersihan (saringan pemurni air, cairan pembersih), udara dan langit (maskapai penerbangan, bandar udara, pendingin udara), air dan laut (perjalanan laut, air mineral). Bertolak belakangan dengan warna hangat yang berhubungan dengan emosi seperti merah, oranye dan kuning. Warna biru berhubungan dengan kesadaran dan intelektual. Gunakan warna biru untuk menyatakan presisi dan ketika mempromosikan produk-produk berteknologi tinggi.

Menurut penelitian, biru adalah warna maskulin. Disukai oleh kalangan lelaki. Warna ini berkaitan dengan kesehatan, penyembuhan, ketenangan, pengertian dan kelembutan. Sedangkan biru tua mewakili pengetahuan, kekuatan, integritas dan keseriusan.

Namun, terlalu banyak warna biru dapat mencetuskan perasaan melankolis, negatif, kesedihan, kebenaran diri sendiri dan egois. Juga hindari warna biru ketika mempromosikan makanan dan masakan, karena warna ini bisa menurunkan selera makan. Sedangkan jika kekurangan warna biru mengakibatkan kecurigaan, depresi, kekerasan hati, sifat mudah takut dan tidak dapat diandalkan.


Referensi: