Saya Suka Telur Asin. Kalau Kamu?



Arisarmu's Stories - Walaupun selera setiap orang berbeda, namun kalau ngomongin makanan yang satu ini saya yakin banyak dari kalian yang nggak bakalan nolak jika di meja makan sudah tersedia telur asin yang gurih dan lezat.

Sebenarnya banyak sekali cara mengolah telur yang bisa kita pilih sesuai dengan selera masing-masing karena bahan makanan yang satu ini saya yakin hampir selalu ada di dalam lemari es kalian bahkan bisa jadi merupakan sumber protein hewani yang harus selalu ada mengingat dalam keadaan darurat waktu bisa langsung dimasak dengan cepat, seperti digoreng untuk sarapan menemani nasi hangat.

Namun kalau ngomongin tentang telur asin, telur bebek tetaplah juaranya karena tipikal telur dari unggas yang pandai berenang ini mempunyai cita rasa yang khas yang tak didapatkan dari telur ayam sehingga menjadikannya pilihan yang terbaik.

Ini mengingatkanku kemasa kecil dulu ketika pelajaran ketrampilan di SD yang mengajarkan cara membikin telur asin yang ternyata simpel, namun kalau untuk mendapatkan rasa yang spesial memang perlu keahlian khusus dan telah melewati rentetan kegagalan.

Hanya membutuhkan telur bebek yang baik, abu gosok atau tumbukan bata halus, garam dan air bersih. Setelah dicuci bersih, telur bebek diamplas biar terbuka pori-porinya sehingga rasa asin dari garam bisa meresap kedalamnya ketika dilumuri dengan adonan campuran dari abu gosok maupun bubuk bata dengan garam yang telah didiamkan sekitar 15 hari. Udah deh tinggal tunggu. Setelah mencapai jangka waktu tersebut, telur-telur itu dibersihkan dan direbus atau dikukus. Setelah matang lalu dibelah dua siap untuk disantap.

Brebes, kota kecil di Jawa Tengah yang dekat dengan perbatasan Provinsi Jawa Barat terkenal dengan oleh-oleh khasnya berupa telur asinnya yang gurih dan lezat untuk cemilan maupun lauk akhirnya bisa saya nikmati lagi ketika David dan mamahnya kembali dari Purwokerto pulangnya membawa oleh-oleh telur asin pemberian kerabat yang baru singgah di Brebes.

Bagaimana dengan kalian sendiri, apakah penyuka telur asin juga?