Ikan Pari Manta Sebagai Daya Tarik Wisata


Image source - Pixabay.com

Arisarmu's Stories - Terlihat seperti melayang ketika Ikan Pari Manta berenang  menjadikanya sebuah pemandangan yang menakjubkan bagi para penyelam sehingga pesona wisata bawah laut ini semakin diminati.


Daya tarik dari ikan pari yang mempunyai banyak jenis ini dengan tubuh yang rata lebar ketika berenang di laut terlihat bergelombang dan elastis sehingga seperti sedang terbang karena memiliki tulang yang sangat lunak dan bahkan jenis tertentu malahan tak bertulang.

Tidak seperti ikan pari jenis lain yang mempunyai ekor panjang berduri tajam dan beracun yang fungsinya untuk mempertahankan diri, ekor ikan pari manta  lebih pendek dan tidak bersengat sehingga tidak berbahaya bagi penyelam untuk berenang di dekatnya.

Ikan pari manta (Manta birostris) yang di Indonesia mempunyai beberapa nama lokal, seperti Cawang Kalung, Plampangan dan Pari Kerbau, bisa mencapai lebar tubuh sepanjang 7 meter yang diukur dari ujung sirip dada ke ujung sirip lainnya, dikatakan sebagai salah satu species yang terbesar di dunia.

Indonesia sama seperti Maldives dan Mexico merupakan negara-negara yang mempunyai tempat-tempat terindah di dunia yang  juga merupakan spot yang terbaik untuk melihat dan menyelam dengan ikan pari manta. Di tahun 2014 Indonesia secara resmi menyatakan akan melindungi ikan ini sebagai daya tarik wisata. Ikan pari tersebut  bisa dilihat di Manta Point,  Nusa Penida (Bali), Manta Ridge, Raja Ampat (Papua), Karang Makassar, Kepulauan Komodo (NTT) dan Alor (NTT).

Setiap tahun wisatawan di dunia diperkirakan menghabiskan uang sebanyak US$ 140 juta untuk melihat Manta Rays, sebutan untuk ikan pari manta, di habitatnya. Namun populasi ikan ini terancam bahaya karena aktifitas perikanan maupun pencemaran lingkungan yang tinggi. Sehingga diharapkan aktifitas wisata selain bisa memberi pendapatan suatu daerah juga bisa turut melestarikan ikan pari manta dari ancaman kepunahan.

Image source - Pixabay.com

Ada 10 hal yang patut diperhatikan jika ingin menyelam dan melihat manta rays  karena mereka sangat sensitif dengan gangguan, jika tidak ditaati pariwisata malah akan memberi dampak negatif terhadap populasi dari ikan ini. Yaitu:

1. Masuk ke dalam air dengan tenang dan tak bikin keributan, jarak minimal harus 10 meter dari manta ray.
2. Ketika menyelam pastikan sirip anda dibawah permukaan air karena kegaduhan dan cipratan air dapat menakuti manta ray. Jadi mendekatlah dengan tenang.
3. Tetaplah di tempat dengan jarak minimal 3 meter dan biarkan manta ray mendekatimu.
4. Mendekatlah dari samping dan jangan menghalanginya.
5. Ketika manta berenang melewatimu, jangan dikejar karena tak akan mungkin bisa, malah bikin mereka takut.
6. Jangan menyentuh manta ray.  Tindakan itu bisa bikin kacau.
7. Jika sedang menyelam dengan manta ray, anda mungkin akan memasuki tempat mereka bersih-bersih dari parasit yang menempel di tubuh mereka. Tempat ini (manta point) penting bagi mereka, jadi tetap di tempat jangan mendekati.
8. Tetap rendah ke dasar laut namun jangan sampai merusak terumbu karang. Tetaplah di tempat yang khusus buat penyelam.
9. Ketika seekor manta ray  berenang kearahmu, jangan menghalanginya, dia hanya akan berenang di atasmu, tetap dalam posisi rendah.
10. Terakhir, pastikan patuhi semua aturan, hukum maupun regulasi yang ada pada tempat manta ray yang anda kunjungi.


Referensi:

1. How to Swim With Manta Rays
    https://swimwithmantas.org

2. Ikan Pari Manta
    https://id.m.wikipedia.org

3. Memiliki Beragam Macam Jenis, Ini Dia Fakta Menarik Ikan Pari
    https://bobo.grid.id                                    

4. Four Indonesian diving destinations where you can spot manta rays
     https://www.thejakartapost.com

5. 3 Places to Swim With Manta Rays
     https://www.nationalgeograpic.com