Bakpia Pathok Kacang Hijau dan Ubi Ungu - Yang Mana Seleramu?




Arisarmu's Stories - Oleh-oleh yang paling banyak dibeli orang ketika berwisata ke Yogyakarta adalah Bakpia Pathok karena rasanya enak, harganya terjangkau dan kemasannya praktis untuk dibawa.



Walaupun di kota mungilku dimana aku tinggal sekarang ada toko produsen dan penjual bakpia  dengan rasa yang lumayan enak, namun kok beda ya kalau menikmati kue bukan dari tempat asalnya. Entah itu hanya perasaanku saja atau mungkin rasanya juga beda. Tak tahulah.

Menurut beberapa sumber, bakpia yang kita kenal sekarang merupakan akulturasi antara dua budaya yang berbeda, Cina dan Jawa. Sehingga melahirkan cita rasa baru yang sesuai dengan selera orang Indonesia yang dipopulerkan oleh sebuah perkampungan yang bernama Pathuk dimana banyak warganya memproduksi dan menjual bakpia. Sehingga para produsen menambahkan nama Pathuk/Pathok mengikuti nama bakpia yang mereka jual serta ditambahkan nomor rumah mereka sebagai merek dagang yang membedakan dengan hasil produksi tetangganya. Dalam perkembangannya akhirnya Bakpia Pathok dikenal sebagai penganan khas Yogyakarta.

Bagi penjual bakpia yang berlokasi di kawasan wisata tentu saja akan mendapatkan banyak keuntungan terutama di musim liburan atau akhir pekan dimana wisatawan banyak berkunjung dan pulangnya tak lupa mencari buah tangan. Dan bakpia pun jadi salah satu pilihan yang menggoda untuk dibeli. Juga peran serta agen perjalanan yang biasanya nembawa rombongan singgah di toko oleh-oleh guna menuruti keinginan tamunya ataupun memang punya motif untuk mendapatkan komisi dari penjualnya, semakin mempopulerkan jajanan ini.

Bakpia Pathok dengan isi kacang hijau menjadi penganan yang legit enak disukai olah banyak kalangan. Bahkan sekarang sudah ada inovasi baru dalam bentuk isian yang berbeda rasa, seperti keju, coklat dan masih banyak lagi termasuk ubi ungu.

Ketika kami mendapatkan buah tangan berupa dua dos Bakpia Pathok, satu isi kacang hijau dan satunya lagi isi ubi ungu dari Wulan yang datang dari Lombok dan sempat singgah di Yogyakarta. Trimakasih ya Lan. Tentunya sayang jika tak ditulis di blog ini, terlebih lagi aku baru pernah nyicip yang isiannya ubi ungu.

Ubi ungu sekarang sudah cukup populer untuk bahan pembuatan bakpao dan warna unggunya yang kece tentunya sangat menggoda para pecinta warna tersebut termasuk untuk bakpia ini. Namun bukan berarti aku tak begitu suka Bakpia Pathok isi ubi unggu  karena bukan warna favoritku. Tapi menurutku isi kacang hijau terasa lebih enak. Bagaimana menurut anda, pilih yang mana?

Bakpia Pathok original (isi kacang hijau) dan Bakpia Pathok isi ubi ungu.