Kenapa Makan Pakai Sumpit? Ini Sejarah Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan



Sumpit tidak hanya sekedar alat makan, namun ada sejarahnya yang perlu anda ketahui dan juga bermanfaat bagi kesehatan.

Jika anda penghobi bakso maupun mie ayam, alat makan ini pasti sudah tidak asing lagi. Ketika duduk di dalam warung menunggu pesanan, dimeja biasanya sudah tersedia pilihan alat makan, baik itu sendok, garpu maupun sumpit. Walaupun tidak semua orang mahir menggunakan sumpit karena alat makan yang satu ini kalau belum terbiasa akan sulit menggunakannya, dibutuhkan koordinasi jari-jari tangan dan juga konsentrasi. Namun ada kepuasan tersendiri jika bisa menggunakannya.

Sebagai alat makan utama, sumpit sama pentingnya dengan sendok dan garpu di beberapa negara di Asia khususnya Asia Timur dan Tenggara. Begitu halnya di Indonesia dimana rumah makan sudah banyak yang menjual masakan Tiongkok, Jepang, Korea, Vietnam bahkan Thailand sehingga pemakaian sumpit sudah merupakan hal biasa, namun pernahkah kalian merenungkan tentang awal mula orang makan menggunakan sumpit? Inilah sejarah ringkasnya.

Sekitar tahun 1200 SM orang Cina sudah mengenal sumpit. Awalnya sumpit bambu hanya digunakan untuk memasak, karena bisa dicelupkan kedalam air yang mendidih untuk mengaduk maupun mengambil makanan. Sampai sekitar tahun 400 M orang mulai makan dengan menggunakan alat tersebut. Bermula dari membengkaknya populasi di Cina sehingga melemahkan sumber daya.

Maka dicanangkan aksi penghematan biaya. Sampai akhirnya para koki menemukan solusi terbaik untuk mengatasinya yaitu dengan mulai memotong bahan makanan menjadi lebih kecil. Ini sangat menghemat biaya karena memasaknya akan lebih cepat matang. Selain itu bisa untuk orang banyak. Sampai akhirnya mereka menyadari bahwa sumpit cocok untuk mengambil makanan dalam ukuran yang kecil.

Penggunaan sumpit untuk makan semakin populer di Cina ketika Confusius, seorang filsuf yang terkenal dan sangat berpengaruh waktu itu yang juga seorang vegetarian melarang penggunaan pisau di meja makan karena dia berpendapat bahwa di meja makan harus senantiasa dihadirkan suasana hati yang bahagia, sedangkan pisau melambangkan penjagalan dan kekerasan.

Ada kabar gembira bagi anda yang gemar makan menggunakan sumpit karena menurut sebuah studi, indeks glikemik atau gula darah bisa dikontrol serta bisa menurunkan berat badan dikarenakan cara anda makan dengan perlahan dan dalam porsi yang lebih sedikit dan tentunya akan mengunyah dengan baik sehingga akan lebih mudah dicerna. Otak pun akan mengirimkan sinyal kenyang dalam proses makan yang lambat sehingga anda akan merasa kenyang walaupun makan sedikit (helloiamaris.blogspot.com).



Referensi:

1. A Brief History of Chopsticks
     https://www.history.com

2. How Chopsticks were Invented
     https://gizmodo.com

3. The Fastinating History of Chopsticks
     https://www.altgalley.com

4. Makan Gunakan Sumpit Bikin Cepat Langsing
     https://m.liputan6.com

5. Makan Dengan Sumpit. Cara Efektif Menurunkan Berat Badan
     https://doktersehat.com

6. Sumpit
     https://id.m.wikipedia.org