Fakta Tentang Drone yang Perlu Diketahui di Era Digital



Helloiamaris -  Di era digital ini tentunya sudah hal biasa mendengar tentang pesawat yang terbang tanpa ada pilot didalamnya yang dikenal dengan sebutan Unmanned aerial vehicle (USV) yang banyak membantu manusia dalam melakukan beragam pekerjaan.

Drone yang dikendalikan dari jarak jauh atau remote control  membantu mempermudah pekerjaan manusia termasuk yang berbahaya jika dilakukan oleh manusia. Selain itu penggunaan drone juga bisa untuk menghemat waktu dan biaya operasional.



Drone dalam ukuran mini biasa dijual sebagai mainan anak-anak yang mudah dijumpai di toko-toko mainan, serta bisa memesannya secara online. Sedangkan yang berukuran lebih besar yang juga berbaling-baling empat yaitu model quadcopter membantu mendokumentasi lewat udara yang menunjang pekerjaan seorang photographer maupun videographer ketika syuting film maupun produk iklan.

Drone yang awalnya diciptakan untuk keperluan militer sampai sekarangpun tetap digunakan dengan lebih meningkatkan teknologinya dan dirancang dengan spesialisasi tertentu. Ada drone yang dikhususkan untuk pengintaian, juga yang dibekali senjata untuk menyerang posisi lawan.


Sebuah drone militer via telegraph.co.uk

Mengutip dari liputan6.com, sebuah perusahaan e-commerce di Tiongkok yaitu JD.com ingin memberi pelayanan yang maksimal kepada semua pelangganya termasuk bagi yang tinggal dipedesaan yang terpencil agar mereka pun bisa menikmati belanja online dan dijamin pesanannya akan diantar sampai kerumah dengan melalui mitra lokal. Ini mempercepat waktu pengiriman dan tentunya juga menghemat biaya logistik. Sungguh mudah dan cepat kan berbelanja di era digital seperti sekarang ini.

Namun penggunaan drone pun ternyata bisa memberikan dampak negatif. bbc.com/news/uk mencatat bahwa drone yang terbang diatas Pembrokeshire Coast Nationa Park, Wales. Suara bisingnya mengganggu burung-burung yang bersarang di atas tebing batu, seperti burung camar, gagak, razorbills, kitiwakes dan lainnya yang rentan dari ganggguan ketika sedang musim bertelur dan mengeram.