Kurma, Camilan Legit Lezat Yang Membangkitkan Energi Seketika


Image source: Pixabay.com

Helloiamaris - Tak terasa sekarang sudah memasuki penghujung bulan Mei dan awal bulan Juni sudah Hari Raya Lebaran dan umat Muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini terlihat sudah mulai mempersiapkan segala keperluan untuk menyambut hari raya tersebut, namun puasa masih tetap berjalan seperti biasa.


Setelah seharian menahan rasa haus dan lapar sambil tetap menjalankan aktifitas harian sehingga gula darah akan mengalami penurunan sehingga menimbulkan rasa lemas. Tak mengherankan jika takjil untuk berbuka puasa, baik itu makanan dan minuman banyak disukai yang manis-manis karena akan cepat memulihkan tenaga. Satu jenis takjil yang paling populer selama bulan puasa Ramadhan adalah kurma.

Mengapa memilih kurma? Ini penjelasannya. Mengkonsumsi 2-3 butir buah kurma kering yang legit saat berbuka puasa bisa mengembalikan kadar gula darah yang turun setelah seharian perut kosong. Jadi tak mengherankan jika kurma banyak diperjual belikan selama bulan Ramadhan ini dan seringkali buah kering yang ditaruh di dalam toples ini kerapkali menghiasi meja makan maupun  meja ruang keluarga.

Kurma yang dalam bahasa latinnya disebut Phoenix dactylifera yang diyakini berasal dari Timur Tengah yaitu sekitar Teluk Persia dan telah menjadi makanan pokok di wilayah tersebut selama ribuan tahun telah dibudidayakan sejak zaman Mesir kuno dan mereka tak hanya memakan buahnya saat panen namun juga telah membuat anggur dari buah kurma.

Jus kurma yang dicampur dengan susu selain nikmat juga menyehatkan karena mengandung nutrisi sebagai berikut; zat besi, folat, kalsium, fosfor, seng, magnesium, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3 dan vitamin C. Selain itu kurma juga mengandung antioksidan, yaitu flavonoid, karotenoid dan asam fenolik yang berfungsi melawan radikal bebas, sehingga sel-sel tubuh tidak mudah rusak yang bisa memicu penyakit serius.

Mengkonsumsi kurma secara rutin bisa meningkatkan kesehatan otak. Selain itu, kurma juga memiliki indeks glikemik yang rendah karena kandungan seratnya itu. Jadi asalkan kurma dikonsumsi tanpa berlebihan, walaupun terasa legit namun penyerapan oleh tubuh tidak akan terlalu cepat sehingga aman bagi kesehatan.





Referensi:

1. Jadi Favorit Berbuka Puasa, Ini 5 Manfaat Kurma.
    https://m.detik.com

2. 8 Manfaat Minum Jus Kurma Selama Puasa Untuk Kesehatan.
    https://www.jawapos.com

3. Manisnya Manfaat Kurma, Buah Ideal Untuk Berbuka.
    https://sains.kompas.com

4. Kurma
    https://id.m.wikipedia.org