Kenapa Sepak Bola Sangat Populer di Dunia dan Digemari Banyak Orang?


Image source: Pixabay.com

Helloiamaris - Tak bisa dipungkiri bahwa sepak bola merupakan olahraga yang paling populer dan digemari di dunia termasuk di negeri tercinta ini. Dan hampir tiap anak laki-laki pernah memainkannya. Bisa di lapangan sekolah ketiga pelajaran olahraga bahkan di halaman sekolah ketika jam istirahat yang biasanya dilakukan oleh para siswa sekolah dasar yang sering bikin guru marah karena badan jadi berkeringat dan baju kotor sehingga mengganggu konsentrasi belajar. Namun itulah asyiknya olahraga ini, semakin dilarang mereka akan semakin menikmati olahraga ini sehingga ketika sedang bermain sering lupa waktu dan tempat.

Sepak bola merupakan jenis olahraga tim yang beranggotakan sebelas pemain yang akan saling berhadapan dengan tim lain. Pemain hanya diperbolehkan menggiring bola dengan kaki dan menendangnya maupun menyundul dengan kepala, tapi tak boleh menyentuh bola dengan tangan karena itu akan dianggap sebuah pelanggaran. Tapi tidak demikian halnya dengan seorang penjaga gawang yang boleh memegang bola asalkan masih berada diwilayahnya sendiri.


Secara umum posisi pemain sebakbola dikategorikan sebagai berikut, goal keeper (penjaga gawang), defender (pemain bertahan), midfielder (pemain tengah) dan forward (penyerang). Selain sebelas pemain dalam tim inti, masih ada pemain lainya sebagai cadangan. Fungsinya menggantikan pemain utama jikalau sedang bertanding mereka mengalami cidera, atau menganti pemain utama karena masalah taktik agar bisa mengalahkan tim lawan dengan mencetak gol. Jadi intinya permainan sepak bola pemenangnya di tentukan oleh jumlah memasukkan bola ke gawang lawan yang lebih banyak. Namun jika skornya sama maka hasil pertandingan adalah seri. Dalam sebuah kompetisi, hasil seri mendapatkan nilai 1, sedangkan menang mendapatkan nilai 3 dan bagi yang kalah tidak mendapatkan nilai alias 0.

Untuk membentuk sebuah tim yang kuat yang bisa mengalahkan tim lawan dibutuhkan pemain dengan skil individu yang bagus dan juga kekompakan tim yang baik untuk bisa menjalankan taktik yang di terapkan oleh seorang pelatih. Dalam suatu kompetisi yang ketat dimana kemampuan peserta kompetisi hampir sama bagusnya, kejelian seorang pelatih untuk meracik tim terbaik dan mengetahui kelemahan lawan sangat menentukan hasilnya pertandingan.

Permainan sepakbola bisa mewakili fanatisme suatu daerah maupun negara yang biasanya tercermin dalam gaya permainannya. Misalnya, tim nasional Brasil terkenal dengan gocekan bolanya yang lengket di kaki, para pemainnya dalam menggiring bola diibaratkan sedang menari tarian samba yang aduhai indahnya. Dan gaya bermain tim nasional Inggris dikenal dengan gaya kick and rush yaitu memainkan operan-operan pendek cepat sehingga menarik untuk ditonton. Sedangkan tim-tim sepakbola dari Afrika sangat disegani karena daya tahan fisik mereka yang sangat kuat didukung oleh beberapa pemain dengan skil individu yang bagus sehingga tim dari benua hitam itu terkenal sulit untuk ditaklukkan. Walaupun gaya bermain tiap negara bisa berubah namun pertandingan sepakbola tetap enak ditonton.

Jika kita sedang menonton tim favorit kita terlebih tim nasional baik itu menonton langsung di stadion maupun di layar kaca. sepertinya mereka sedang berjuang bagi kita karena harga diri sebuah bangsa kadang di pertaruhkan lewat kesuksesan tim sepakbola nasionalnya.