Suka yang mana, Telur Rebus, Mata Sapi atau Omelet?


Image source - Pixabay.com


Arisarmu's Stories - Telur merupakan lauk yang digemari untuk sarapan karena merupakan sumber protein hewani yang baik bagi tubuh dan juga cara pengolahannya yang praktis tidak membutuhkan banyak waktu.

Alasan terburu-buru atau perut tidak terbiasa terisi makanan di pagi hari sering menjadikan alasan orang untuk tidak sarapan. Namun untuk menunjang aktifitas seharian yang padat, sarapan yang baik dengan nutrisi yang seimbang akan memberikan energi bagi tubuh. Telur merupakan sumber energi yang baik bagi tubuh yang bisa memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Ini akan berbeda jika menu sarapan kurang protein yang mengakibatkan anda akan merasa cepat lapar sehingga akan mencari camilan yang jika tak terkendali bisa mengganggu program diet anda.

Telur puyuh, ayam dan bebek yang paling sering dikonsumsi oleh kita karena yang biasa dijumpai pada pedagang. Telur puyuh yang kecil sering dijual dalam kondisi sudah direbus yang biasa dipakai untuk campuran oseng-oseng sayuran maupun sambal goreng hati dan masakan lainnya. Sedangkan telur bebek umumnya untuk campuran membuat martabak gurih atau dihidangkan dalam wujud telur asin. Jadi telur ayam tetap yang paling sering digunakan dalam menu makanan sehari-hari.

Sebenarnya ada banyak cara mengolah telur menjadi makanan lezat yang bergizi tinggi, namun dalam artikel ini saya hanya ingin sedikit mengulas tentang tiga olahan telur untuk sarapan yang bisa menjadi alternatif dalam menu sarapan anda jika sedang tidak punya banyak waktu ataupun ketika terburu-buru berangkat kerja.

Telur merupakan bagian yang tak terpisahkan dari menu sarapan resmi di banyak hotel di dunia yang menyajikan beragam pilihan sarapan, seperti American breakfast, English breakfast, maupun Continental breakfast. Selain scrambled egg atau telur orak-arik, telur rebus, telur mata sapi dan omelet yang menjadi pilihan dengan satu penyajian berisi dua telur.

Telur pun sering hadir dalam menu sarapan ala Indonesia karena praktis dan cepat mengolahnya. Bisa direbus setengah matang maupun matang tergantung selera. Dibuat telur mata sapi yang kuning telurnya masih setengah matang ataupun dibalik ketika menggorengnya  jika anda menghendaki kuning telurnya matang. Juga bisa dibikin omelet yang akan lebih lezat jika ditambah dengan irisan daun bawang, bawang merah dan cabai dan garam secukupnya lalu dikocok-kocok dengan garpu di mangkuk dan kemudian digoreng. Mudah sekali dan tak butuh waktu lama, kan?

Bagaimana dengan anda sendiri. Olahan telur seperti apakah yang paling disukai?