Rujak Serut Dingin Pengusir Badan Letih Dan Lesu



Arisarmu's Stories - Cuaca yang tidak menentu, terkadang udara terasa panas dan tiba-tiba turun hujan dan udara berubah menjadi dingin. Sehingga mempengaruhi kondisi badan menjadikannya terasa tidak benar-benar fit, kepala terasa agak berat dan seperti agak meriang.


Jika terkadang badan terasa letih dan lesu, sebenarnya itu merupakan kondisi wajar yang kerap dialami oleh banyak orang dan bukan suatu hal yang perlu disikapi dengan rasa ketakutan yang berlebihan selama ini tidak berlangsung lama dan terus menerus. Namun kalau dibiarkan tentu saja akan menghambat aktifitas, sehingga produktifitas anda bisa menurun dan akan berakibat buruk jika sampai pekerjaan yang penting harus tertunda.

Tidak sedikit yang merespon badan yang letih dan lesu dengan minum multi vitamin seperti banyak diiklankan di media elektronik bahkan ada juga yang langsung minum obat dengan asumsi untuk mencegah agar keesokan harinya tidak jatuh sakit. 

Sayapun terkadang mengalami situasi seperti ini, dimana badan sebenarnya tidak sakit namun kepala terasa agak berat, badan kurang bugar jadi bawaannya malas melakukan hal-hal yang bermanfaat atau produktif. Penginnya hanya berbaring di tempat tidur. Jika kondisi ini dibiarkan dan perasaan malas dituruti, tidak hanya pekerjaan bahkan blog pun bisa terancam terabaikan sehingga bisa tak rutin update artikel.

Saya sendiri punya solusi untuk mengatasi permasalah ini yaitu dengan mengkonsumsi banyak sayur dan buah-buahan. Selain lotek saya juga menyukai rujak serut  yang sudah didinginkan terlebih dahulu di dalam lemari es sebelum dimakan untuk mengatasi keadaan badan yang sedang tidak fit. Setelahnya, badan terasa lebih segar dan letih lesu bisa hilang. Ini tentu saja hanya pendapat pribadi saja loh karena anda sendiri tentunya punya pengalaman pribadi dalam mengatasi kondisi tubuh yang sedang kurang fit.


Bukanlah suatu rahasia lagi bahwa buah-buahan mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Demikian pula dengan satu porsi rujak serut yang kami beli seharga Rp.15 ribu dengan porsi yang besar sehingga cukup dimakan berdua dengan istri. 

Bumbu rujak serut  bisa terbuat dari gula merah, kacang goreng, garam, cabai rawit (level pedasnya sesuai selera), terasi bakar dan air asam kemudian di ulek lembut dalam cobek dengan ulekan yang terbuat dari batu.

Dirangkum dari berbagai sumber, kandungan gizi yang penting dari buah-buahan dan bahan lainnya yang diparut (di serut) yaitu:

1. Belimbing: vitamin C, vitamin B1, B2, B3 dan B6.
2. Mangga: vitamin A, vitamin C, magnesium, kalsium, fosfor, zat besi, sodium dan potasium.
3. Kedondong: vitamin A, vitamin C, vitamin B1, kalsium dan fosfor.
4. Pepaya: vitamin A, vitamin C, magnesium, kalsium, fosfor, zat besi, sodium dan potasium.
5. Jambu Biji: vitamin C, vitamin A, kalium, zat besi, magnesium dan folat.
6. Nanas: vitamin A, vitamin C, kalsium, fosfor, zat besi, sodium, potasium dan magnesium.
7. Mentimun: vitamin A, vitamin C, vitamin B-kompleks, magnesium, kalsium, fosfor, zat besi, sodium, dan potasium.
8. Bengkuang: vitamin C, vitamin E, vitamin B6, asam folat, asam pantotenant, kalium, magnesium, mangaan, tembaga dan zat besi.