Olahan Waluh (Labu Kuning) - Kenapa Dibikin Kolak?




Arisarmu's Stories - Perpaduan labu yang lumer di mulut dengan gula merah dan santan menjadikan kolak ini terasa manis, gurih dan lezat.



Tak terasa awal bulan Mei (bulan depan) sudah memasuki bulan puasa. Tentunya bagi sahabat pembaca yang akan menjalankan ibadah puasa tak asing lagi dengan namanya kolak. Kuliner khas Indonesia yang manis ini sangat cocok buat takjil karena cepat mengembalikan tenaga setelah seharian berpuasa. Juga ada bermacam kolak yang bisa dibikin dan bahan-bahannyapun mudah didapat seperti kolak labu kuning, kolak pisang, kolak singkong dan lainnya sehingga tak akan bosan.

Lalu kenapa memilih waluh atau sebagian orang menyebutnya dengan labu kuning untuk dibuat kolak? Yuk kita simak dulu penjelasan tentang labu yang dirangkum dari Ensiklopedi Juice Buah & Sayur untuk Penyembuhan yang ditulis oleh Dr. John Heinerman Ph.D. pada halaman 227. Labu ini mempunyai kandungan beta-carotene, bentuk awal dari vitamin A, yang bisa menandingi wortel. Sebagai tanaman yang merambat Labu kuning adalah tanaman asli Amerika Tengah dan Selatan yang mempunyai daun yang keras, kasar, besar. Sedangkan bunganya berwarna oranye, besar dan berbentuk meruncing, sedangkan daun bunganya berwarna kuning. Rasa kolak labu kuning yang enak dan buahnya mudah didapat sehingga menjadi alasan banyak orang untuk memilih membuat kolak ini.

Cara pembuatan kolak labu kuning mudah seperti kolak jenis lainnya cuma mengupas kulitnya yang tebal dan keras butuh pisau yang tajam dan tentu harus hati-hati agar ketika mengupasnya tak sampai melukai tangan. Di bulan puasa biasanya penjual sayuran menjual labu kuning yang sudah dalam potongan kecil sehingga mempermudah bagi pembeli untuk mengupas kulitnya dibandingkan harus memotong labu kuning yang masih utuh. Bahkan ada juga yang sudah dikupaskan kulitnya.

Setelah dipotong-potong kecil, dicuci, lalu masukkan potongan labu kuning kecil itu kedalam panci dan dikasih air, daun pandan, gula merah. Setelah mendidih baru masukan santan sambil diaduk pelan dan kecilkan apinya. Juga jangan lupa dikasih garam dikit aja ya biar rasanya lebih nikmat.
Udah jadi deh kolak labu kuning yang lezat siap untuk disajikan.