Lebih Enak Yang Mana, Bakso atau Mie Ayam?




Arisarmu's Stories - Pertanyaan yang sulit dijawab jika disuruh memilih diantara bakso dan mie ayam karena keduanya sama nikmatnya.

Ketika sedang berkendara dan melintasi gerai-gerai makanan mulai dari yang brand  luar negeri seperti ayam goreng, burger dan pizza maupun makanan tradisional Indonesia seperti nasi goreng, sate ayam, sampai bakso dan mie ayam terlihat tak pernah sepi dari pembeli. Nampaknya aktifitas makan di luar sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat jaman sekarang ataukah mungkin cerita kelezatan dari makanan itu yang membikin hasrat berkuliner tak bisa diajak kompromi untuk ditunda.

Dari berbagai macan jenis makanan, bakso dan mie ayam nampaknya masih berada diurutan teratas yang digemari oleh banyak orang walaupun saya tak bisa memberikan datanya secara tertulis, hanya sebatas perkiraan saja berdasarkan kesaksian dari orang lain yang sangat menyukai bakso dan mie ayam serta seringnya kulihat penjual dua makanan itu ada dimana-mana, bahkan banyak yang menggabungkan penjualannya dalam satu tempat.

Kalau ditanya lebih enak mana mie ayam atau bakso. Sulit sekali menjawabnya karena setiap orang punya selera masing-masing yang mungkin berbeda dengan orang lain.Tapi sejujurnya aku pernah punya kenangan yang berkesan dan masih tersimpan di memori ini tentang bakso dan mie ayam yang tiba-tiba tersembul dalam ingatan takkala menulis artikel ini.

Dulu waktu masih SMA pernah diajak teman makan mie ayam. Dia anak dari Gombong, Kebumen, yang hobi bermain bulu tangkis, kos di Purwokerto. Orangnya memang penghobi makan, jadi tahu dimana lokasi penjual makanan yang enak.

Di dekat rumah masa kecilku dulu yang hanya ditempuh sekitar 5 menit berjalan kaki, ada penjual bakso yang aku bilang rasanya lezat,  Dan waktu kuliah di Semarang pun ada penjual mie ayam dan bakso yang biasa lewat di depan tempat kos, kedua-duanya sama-sama enaknya. Jadi bingung kalau ditanya suka yang mana.

Dan setelah aku berkeluarga tinggal di sebuah kota kecil di kaki gunung Merbabu yang seharusnya udaranya sejuk. Seperti dikota lainnya, di tempatku tinggal pun bakso dan mie ayam sangat populer dan digemari banyak orang. Terbukti penjualnya ada dimana-mana.

Selera tiap orang tentunya berbeda, tidak selalu harus sama. Ada yang lebih suka bakso sedangkan yang lainnya mungkin lebih menyukai mie ayam bahkan ada yang suka keduanya. Lalu bagaimana dengan anda, mana yang lebih enak dan disukai?