Ini Rahasia Kolak dan Dawet jadi Enak dan Gurih





Arisarmu's Stories - Gula merah asli Banyumas terbukti yang bikin kolak maupun dawet terasa lebih nikmat, sehingga anda akan ketagihan jika telah mencicipinya.

Di negeri ini, Kabupaten Banyumas terkenal sebagai salah satu sentra penghasil gula merah terbaik dan menurut informasi yang beredar di internet, pemasarannya bahkan sudah merambah ke luar negeri. Bagi sebagian orang yang berwisata atau pulang mudik ke Purwokerto, ibukota Kabupaten Banyumas, gula kelapa ini bisa menjadi alternatif buah tangan yang murah Rp.16.500 per bungkus yang berisi 9 potong (lihat foto diatas), bermanfaat bisa untuk campuran bumbu memasak dan juga praktis dibawanya.

Kebanggaan warga Banyumas dengan gula merah sebagai industri asli daerah ini sangat besar sehingga dinas pariwisatanya pun mempromosikannya sebagai aset daerah yang membedakannya dengan kabupaten lainnya. Ini bisa dilihat jika anda berwisata ke Grand Maerakaca Taman Mini Jawa Tengah yang berada di kota Semarang dan singgah di anjungan Kabupaten Banyumas. Di halaman depan persis dimuka rumah joglo ala Banyumasan ditempatkan beberapa patung orang sedang memproduksi gula merah.

Saya baru menyadari bahwa gula merah yang berasal dari Banyumas/Purwokerto rasanya memang spesial yang sulit didapatkan di tempat saya tinggal sekarang. Kalaupun di simpan di dalam lemari es dan dipotong pun mudah tidak lengket. Dan jika anda pernah merasakan Getuk Goreng Sokaraja, akan terasa kuat manis gula merahnya yang bikin getuknya terasa nikmat. Dan untuk pemanis kolak maupun dawet sangat cocok, terasa manis dan gurih.

Jadi jika anda singgah di warung atau dirumah membikin kolak atau dawet namun rasanya masih kurang mantap, bisa jadi karena kualitas gula merahnya kurang bagus. Bagaimana dengan pendapat anda, apakah ada sentra produksi gula merah atau gula kelapa di daerah anda?