Mengapa Mata Harus Berkedip Dan Sulit Dicegah?




Arisarmu's Stories - Berkedip adalah gerakan reflek yang normal terpicu oleh selaput mata guna membersihkan dan melembabkan mata dan terjadi dengan sendirinya karena rangsangan dari bulu mata bahkan tidak hanya dalam keadaan kita terjaga bahkan ketika tertidur.

Dalam kenyataan, kedipan mata hanya berlangsung sepersepuluh detik. Tetapi itu yang diperlukan untuk membersihkan partikel debu dan menyebarkan cairan pelumas ke bola mata. Setiap saat kita berkedip, kelopak mata menyebarkan minyak dan sekresi lendir ke permukaan mata untuk menjaga bola-bola mata dari kekeringan. Berkedip juga menjaga mata aman dari kemungkinan rangsangan kerusakan, seperti cahaya terang dan benda-benda asing seperti debu.

Rata-rata orang berkedip sekali setiap sepuluh detik. Berkedip berfungsi untuk menghapus dan memperbaharui tear film kita. Tear film merupakan air mata yang mengandung unsur air, minyak dan lendir. Juga didalamnya terkandung ratusan komponen seperti lisosom, ini seperti antibiotik, namun bersifat alami. Malahan sel-sel dalam kornea akan menjadi sehat dengan terkena air mata yang kaya akan nutrisi.

Akan berbahaya jika mata dipaksakan tidak berkedip karena selaput mata akan kering. Mata kering akan mengakibatkan susah digerakkan, sehingga akan terjadi pergesekan, dan bisa mengakibatkan sakit lalu bisa menimbulkan kerusakan mata.

Jika selaput mata mengalami gangguan atau dalam keadaan kering, maka secara otomatis akan mengirimkan sinyal ke otak berupa rasa nyeri dan meresponnya bagaikan mata kemasukan pasir. Hal yang biasa dialami ketika seseorang mengalami kecapaian. Dia merasakan seperti ada yang mengganjal dimatanya dan terasa pedas. Apabila ini terus berlangsung maka mata akan menjadi merah dan lengket. Karena gejala ini mungkin merupakan konjungtivitis atau radang selaput mata, maka perlu mendapat pengobatan.

Terlalu banyak membaca dan menatap layar komputer juga akan mengganggu kesehatan mata, sehingga sangat disarankan untuk secara berkala berkedip untuk melembabkan mata, karena kalau kita sudah di depan layar komputer seringkali  mata dipaksa untuk terbuka lebar terus-menerus.

Referensi:


livescience.com/Why Do We Blink?

bobo.grid.id/Rata-rata Mata Berkedip Setiap 10 Detik, Kenapa Mata Kita Berkedip?

Rayner, Claire, Bertanyalah Dokter Anda Menjawab (Jakarta, Gaya Favorit Press 1992)