Biografi Singkat Queen, Band Rock Terbaik Dunia



Arisarmu's Stories - Lagu-lagu ciptaan Queen tetap abadi sampai kapanpun walaupun genre musik di dunia terus berubah seiring dengan berkembangnya teknologi maupun selera masyarakat.

Bagi anda yang pencinta musik tentunya akan merasa sepi jika dalam sehari tidak memainkan alat musik maupun mendengarkan alunan musik dari penyanyi atau band favorit kalian. Mendengarkan musik bisa menenangkan pikiran pun bagi sebagian orang bisa menstimulasi semangat bekerja maupun belajar. 

Meskipun sudah puluhan tahun yang lalu ketika para personil asli group ini mencipta lagu dan bermain bersama, menghasilkan karya yang spektakular, dramatis dan menginsirasi banyak pemusik, menjadikan band ini sangat penting dalam perkembangan musik dunia, dan disukai oleh semua generasi baik tua maupun muda.

Queen terbentuk setelah bubarnya Smile, sebuah band beranggotakan Brian May (guitarist), dan Roger Taylor (drummer). Freddie Mercury yang mempunyai nama asli Farrokh Bulsara yang mulanya adalah penggemar band tersebut lalu bergabung sebagai vocalist nya, kemudian disusul dengan masuknya John Deacon sebagai bassist. Lalu kemudian terbentuklah di kota London pada tahun 1970 sebuah band dengan nama Queen.

Bakat seni dan kemampuan memainkan alat musik yang mumpuni ditunjang oleh kemampuan menulis lagu yang baik dari personil Queen menempatkan band ini populer di kalangan pencinta musik dunia lewat single hits nya, pertunjukan panggung serta kecakapan dalam aksi panggung yang sangat memukau para penggemarnya.

Band ini menyuguhkan warna musik yang berbeda yang menggabungkan antara hard rock, heavy metal dan progressive rock juga perpaduan suara yang apik termasuk backing vocals menjadikan Queen dianggap membawa angin segar dan perubahan baru kedunia musik rock. Contohnya bisa kita dengarkan pada lagu "Bohemian Rhapsody"  yang terdengar seperti menampilkan sebuah pertunjukan opera yang memukau, begitu pula pada lagu yang harmonis di "Somebody to Love", dan juga lagu yang sangat populer di turnamen sepakbola "We Are The Champion", dan masih banyak lagu-lagu hits lainnya.

"Live Show" mereka yang diberi nama "We Will Rock You"  telah membawa Queen ke audiens yang sama sekali baru dari generasi yang baru pula. Dan film tentang Queen yang berjudul "Bohemian Rhapsody"  dengan Rami Malek yang berperan sebagai Freddie Mercury memenangi piala Oscar di tahun 2018. Juga penampilan Queen pada pertunjukan penggalangan dana 'Live Aid ' (1985) dinobatkan sebagai pertunjukkan live rock terbaik sepanjang masa.

Dunia musik sempat berkabung ketika pada tanggal 24 Noverber 1991 Freddie Mercury dinyatakan meninggal terkena virus HIV, namun kehadiran dan gagasan panggung Mercury yang luar biasa semasa hidupnya dan juga teknik perekaman yang lebih rumit serta keberanian memasukan ide-ide musik yang baru merupakan bagian dari kesuksesan Queen, sehingga musiknya masih enak untuk didengarkan sampai saat ini.




Referensi:


1. Queen Are The Most Important Band in Musical History -- https://www.unilad.co.uk

2. Queen / Encyclopedia.com -- https://www.encyclopedia.com

3. About Queen - Everything You Ever Wanted to Know About Queen (band) -- https://shanemcdonald.ie

4. Queen - Biography - IMDb --https://m.imdb.com

5. Five Reasons We Love Queen -- https://www.axs.com