Seberapa Seringkah Jeruk Nipis Hadir Menemani Hari-Harimu?




Photograph: Maxpixel.net

Arisarmu's Stories - Disadari maupun  tidak, rasa asam jeruk nipis telah banyak memberi kebahagiaan dalam kehidupan kita dalam meningkatkan cita rasa masakan, sebagai obat tradisional maupun dalam kesegaran tegukan minuman yang dihasilkan.

Walaupun sebagian fungsi jeruk nipis bisa tergantikan dengan cuka namun kalau memungkinkan bahan natural akan lebih disukai karena akan memberikan rasa yang orisinal sehingga permintaaan akan buah yang berwarna hijau dan kulitnya akan berubah menjadi kuning ketika matang tak pernah surut. Buah yang kaya akan vitamin C ini mempunyai banyak manfaat seperti berikut ini.

Bagi penghobi soto tentunya sudah akrab dengan buah yang satu ini, karena banyak jenis soto akan berasa lebih lezat jika ditambahkan air perasan jeruk nipis. Selain itu minuman yang sering dijumpai dimanapun termasuk di penjual makanan kaki lima, selain teh hangat maupun es teh adalah minuman yang terbuat dari air perasan jeruk nipis ini yang nikmat disajikan baik hangat maupun dengan tambahan es batu sehingga menghasilkan paduan rasa yang manis, kecut, dan dingin yang menyegarkan serta melegakan mulut, tenggorokan dan perut terlebih lagi setelah habis menyantap makanan yang berlemak ataupun goreng-gorengan.


Ada juga yang memanfaatkan jeruk nipis sebagai obat batuk, yaitu dengan cara buah jeruk nipis dipotong menjadi dua lalu dipanaskan diatas api sebentar dan dicampur dengan kecap lalu diperas dan diminum. Sebagian orang percaya resep sederhana ini bisa meredakan batuk mereka.

Saya punya seorang teman perempuan, untuk menjaga berat badan ideal, dia sarapan hanya meminum segelas air yang dicampur dengan perasan jeruk nipis dan madu. Pada awalnya sih dia bilang merasa lapar namun kemudian menjadi biasa setelah tubuh bisa beradaptasi.

Ketika masih SD saya juga pernah menanam pohon jeruk nipis dihalaman belakang rumah dengan buah yang banyak dan ini menjadi minuman favorit almarhum bapak saya.

Jika kalian para sahabat pembaca punya kenangan dengan jeruk nipis, silahkan berbagi cerita di kolom komentar. Trimakasih.