Ini Manfaat Yang Didapat Ketika Memilih Les Piano


Tidak sedikit orang tua yang menginginkan anaknya bisa memainkan minimal satu alat musik dan pilihannyapun beragam disesuaikan dengan bakat si anak serta kemampuan finansial orangtuanya. Karena harga sebuah piano akustik sangat jauh berbeda dibandingkan dengan harga sebuah gitar akustik dan juga seorang anak yang lebih berbakat pada jenis alat musik perkusi seperti drum tentunya tidak bisa dipaksakan untuk diikutkan les piano dan juga sebaliknya. Lalu jika akhirnya anak tersebut lebih berminat untuk mengikuti les piano, berikut ini adalah manfaat yang akan didapatnya.


Les piano sangat identik dengan piano klasik walaupun ada juga tempat kursus yang mengajarkan piano pop untuk pemula. Namun dalam artikel ini saya hanya ingin berbagi pengalaman tentang apa yang didapat jika mengambil kursus piano klasik.

Jika anak anda mengikuti kursus piano klasik otomatis akan "dipaksa" untuk membaca notasi balok yang ditulis dalam dua kunci, yaitu Treble Clef  (kunci G) dan Bass Clef (kunci F). Treble Clef dimainkan dengan jari-jari tangan kanan sedangkan Bass Clef dimainkan dengan jari-jari tangan kiri. Ini hanya sekedar gambaran secara umum karena dalam tingkatan lebih lanjut prinsip dasar ini tidaklah mutlak dan disesuaikan juga dengan partiturnya karena kadang satu jari tangan kiri bisa juga menekan Treble Clef dan sebaliknya. Salah satu sisi positif yaitu belajar membaca notasi balok, anak akan memahami teori dasar musik juga dan ini tentunya akan meningkatkan kemampuan anak tersebut sehingga pelajaran seni musik disekolah akan jadi mudah baginya karena guru musik  biasa memberi latihan teori musik yaitu merubah not angka menjadi not balok.

Sumber gambar : google images

Sumber gambar: google images

Seperti halnya belajar instrumen musik lainnya, memainkan pianopun bagus untuk melatih otak kanan yang berhubungan erat dengan kemampuan intuitif yang berkaitan dengan seni sedangkan fungsi otak kiri berhubungan dengan logika. Sehingga akan terjadi keseimbangan antar dua sisi otak.

Keunggulan lain belajar piano klasik adalah bisa sebagai solo instrumen, berkolaborasi dengan instrumen musik lainnya, bergabung di sebuah band, orkestra maupun sebagai instrumen pengiring koor atau paduan suara karena dengan piano kita bisa menekan empat nada secara bersamaan, yaitu Sopran (suara wanita tinggi), Alto (suara wanita rendah), Tenor ( suara pria tinggi) dan Bas (suara pria rendah).

Walaupun saya tidak mahir bermain piano, namun kursus piano dasar yang dulu pernah saya ikuti ternyata sangat bermanfaat bagi saya sebagai organis gereja ketika mengiringi lagu-lagu ibadah yang ada  notasi angkanya maupun ketika mengiringi koor atau paduan suara.
Semoga artikel ini bermanfaat bagi sahabat pembaca. Salam.