Ada Solusi Murah Bagi Yang Hobi Membaca




Membaca merupakan suatu hobi yang disukai oleh sebagian orang baik itu dilakukan di waktu senggang maupun disela-sela kesibukan yang sangat bermanfaat untuk merefresh pikiran akibat kejenuhan kerja ataupun aktifitas sekolah yang padat. Dan hobi membaca juga sangat bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Sayangnya ada kendalanya yaitu harga buku yang mahal, Namun ada solusi yang murah (gratis) bagi anda yang punya hobi membaca dengan mendatangi perpustakaan di daerah anda.

Berbicara tentang perpustakaan tak akan terlepas dari perkenalan awal saya dengan perpustakaan. 
Waktu saya masih di duduk dibangku sekolah dasar, rumah tempat kami tinggal kebetulan dekat dengan sebuah perpustakaan. Lewat pintu rumah belakang hanya tinggal berjalan kaki nggak lebih dari empat menit sudah sampai. Kakak lelaki saya yang usianya berjarak lima tahun lebih tua dari saya sangat berjasa besar dalam memperkenalkan saya dengan dunia literasi lewat ajakannya ke perpustakaan.


Almarhum ayah yang dulunya adalah seorang dosen di sebuah perguruan tinggi negeri di Purwokerto, walaupun beliau adalah seorang yang sangat pendiam, dan tentunya juga ibu tercinta dan kakak perempuan saya yang baik, turut berperan juga membangkitkan minat membaca saya. Semasa kecil saya sudah terbiasa dikepung oleh buku-buku bacaan, Baik itu kepunyaan ayah yang sampai memenuhi lemari maupun bacaan ringan lainya seperti koran, tabloid dan juga majalah. Namun sayangnya saya nggak ada ketertarikan untuk membaca pelajaran sekolah, sehingga prestasi saya disekolahpun hanya pas-pasan. Saya jadinya teringat ketika sedang mengikuti Job Training di Bandung. Seorang teman satu kos yang notabene adalah seorang mahasiswa ITB bilang ke saya yang kalimatnya masih saya ingat sampai sekarang. "Aris, kalau limapuluh persen waktu membacamu kamu gunakan untuk membaca buku pelajaran, kamu akan jadi anak pintar". Karena dia ketika melihat saya, kalau nggak lagi baca koran, ya baca majalah ataupun baca tabloid hehehe... Dan penyesalan selalu menjadi sebuah kata yang terucap ketika segalanya sudah terjadi. 

Kembali ke topik awal. Keberadaan Perpustakaan Daerah Salatiga dengan koleksi bukunya yang mencapai sekitar 50 ribu dengan jam layanan: Senin - Jumat 07.30 - 20.00, sedangkan hari Sabtu - Minggu 08.00 - 16.00. Sangat membantu saya dalam memberi solusi atas ketidakmampuan saya membeli buku yang semakin mahal, sehingga saya masih bisa meng upgrade otak ini yang sudah mulai tumpul dengan informasi yang bermanfaat bagi kebutuhan saya yang terkadang nggak bisa saya dapatkan di internet. 

Bagaimana dengan anda sendiri, apakah ada perpustakaan di dekat tempat tinggal kalian?