Melepas Dahaga dengan Es Dawet Ayu Dan Es Kuwut - Banjarnegara


Banjarnegara tak bisa dipisahkan dengan Es Dawet Ayu, minuman yang membikin banyak orang ketagihan terutama ketika cuaca sedang panas-panasnya, tentunya momentum tersebut tak kami lewatkan begitu saja ketika melintasi Banjarnegara.

Sebagai kota kabupaten Yang terletak di jalur perlintasan Semarang - Purwokerto, dan Surakarta - Purwokerto menjadikan Kabupaten Banjarnegara tidak pernah sepi. Inilah yang mungkin kemudian memberikan inspirasi bagi sebagian warga kota ini untuk berjualan minuman khas daerah ini tidak hanya di pasar dan alun-alun namun juga di pinggiran jalan.

Dawet Ayu bahan dasarnya terbuat dari cendol, santan dan gula merah dengan aroma buah nangka matang yang harum. Akan semakin nikmat jika disajikan dengan es batu. Terlebih lagi di saat cuaca sedang panas-panasnya cocok sekali sebagai minuman pelepas dahaga dan memberikan kesegaran bagi para pengendara yang melintasi Banjarnegara maupun warga lokal yang mencari suatu minuman yang manis, segar dan dingin sepulang dari kerja maupun sekolah.


Karena kami sedang menuju ke arah Purwokerto dan juga merasa haus dan letih, sehingga Kami memutuskan untuk berhenti sejenak di penjual Dawet Ayu kaki lima diselah kiri jalan yang saat itu ada beberapa pembeli yang segera kami simpulkan Es Dawetnya mungkin lebih enak dibandingkan dengan penjual dawet kaki lima didekatnya.

Kami sendiri tidak tahu dimana penjual dawet yang paling enak atau yang paling terkenal di Banjarnegara. Namun bagi kami berdua, David (anak saya) dan saya, hal tersebut bukan suatu masalah yang terpenting kami bisa istirahat sejenak sambil minum Es Dawet Ayu yang terkenal di tempat asalnya.

Es Dawet Ayu

Nampaknya satu gelas Es Dawet Ayu masih belum bisa membikin rasa haus kami hilang, dan kebetulan di warung dawet kaki limanya mb Imah juga menjual Es Kuwut yang katanya berasal dari Bali. Karena penasaran kami berduapun memesannya. 


Es Kuwut terbuat dari serutan kelapa dan buah melon, perasan jeruk nipis, sirup melon, air dan ditambah es batu lumayan enak juga, sampai kamipun benar-benar kekenyangan setelah sebelumnya minum segelas Es Dawet Ayu. Kelihatan rakusnya ya sampai habis dua gelas hehehe.... (helloiamaris.blogspot.com)

Es Kuwut





Es Dawet Ayu/Es Kuwut mb Imah - Banjarnegara


Alamat

Jl Raya Pucang, Banjarnegara, Jawa Tengah

Jam Operasional

Setiap hari         09.00 - 16.00 

Harga

Es Dawet Ayu    Rp. 5.000;
Es Kuwut            Rp. 5.000;